Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UN Gantikan Ujian Seleksi Masuk Universitas
Oleh : dd/tc
Rabu | 12-09-2012 | 09:10 WIB

JAKARTA, batamtoday - Fungsi Ujian Nasional (UN) akan digandakan. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad mengatakan Ujian Nasional juga berguna sebagai alat kelulusan siswa maupun keberlanjutan dari sekolah menengah ke perguruan tinggi.


"Mulai tahun depan, selain menjadi alat penentu kelulusan, UN juga berfungsi untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri," kata Ibnu seperti dikutip dari Tempo, Rabu (12/9/2012).

Ibnu mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengajak perguran tinggi negeri untuk bekerjasama dalam membuat soal agar UN bisa memenuhi kedua fungsi tersebut. "Kerjasama itu sudah dimulai sejak 2012 ini," ujarnya.

Menurut Ibnu, keputusan menggandakan fungsi UN ini sebagai bagian dari perbaikan sistem pendidikan. Ibnu mengatakan, pihaknya mengusahakan supaya ada integrasi vertikal antara berbagai jenjang pendidikan. "Supaya SMA bersinergi dengan universitas," ujarnya.

Ibnu mengatakan, 90 persen mahasiswa baru tahun depan akan diterima melalui jalur undangan di perguruan tinggi. Seleksi dilakukan melalui penilaian rapor dan hasil Ujian Nasional. 

Ibnu mengatakan, 10 persen sisanya akan diisi oleh mahasiswa yang lulus tahun sebelumnya. Mereka akan masuk ke PTN melalui jalur tes. "Sesuai peraturan, setiap lulusan SMA/SMK diberi kesempatan 3 kali untuk mencoba masuk ke Perguruan Tinggi Negeri," kata Ibnu.