Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Lolos PT 3,5 Persen

PKBIB Didaftarkan ke KPU Saat Ultah Gus Dur
Oleh : si
Jum'at | 07-09-2012 | 19:07 WIB

JAKARTA, batamtoday - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (DPN PKBIB) Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid  telah resmi mendaftarkan PKBIB ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat pada hari Jumat (7/10), dan pendaftaran ke KPU tersebut berbarengan dengan ulang  tahun (ultah) Gus Du atau KH Abdurrahman Wahid pada 7 September.



Yenny Wahid didampingi Wakil Ketua Umum Idayani Usman, Sekjen Imron Rosadi Hamid  dan lain-lain. PKBIB termasuk partai yang ke-36 dari partai yang mendaftar.

Dalam keterangannya pada wartawan di Kantor KPU Jl. Imam Bonjol Jakarta Pusat, Yenny Wahid menegaskan  jika PKBIB optimis akan lolos parliament threshold (PT) sebesar 3,5 persen sebagaimana ditentukan undang-undang.

Namun dirinya yakin bisa melampau PT tersebut karena PKBIB merupakan partai gabungan dua kekuatan, yaitu Partai Kedaulatan Bangsa Nusantara (PKBN), dan Partai Perjuangan Indonesia Baru (PIB) dengan mengusung tokoh alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Dr .Sjahrir.

Namun demikian Yenny Wahid tidak berambisi untuk menjadi capres, melainkan ingin menjadikan PKBIB ini sebagai partai yang mampu memperjuangkan aspirasi rakyat, mensejahterakan rakyat, dan menjadikan negara ini berdaulat. Karena itu masalah capres-cawapres, PKBIB terbuka untuk semua tokoh nasional yang mempunyai kapabilits, integritas dan komitmen berbangsa dan bernegara.

"Soal nama bisa Ibu Ani Yudhoyono, Joko Suyanto, Prabowo, Sri Mulyani, Dahlan Iskan, Jusuf  Kalla dan lain-lain,” tambah putri Gus Dur ini.

Yang pasti lanjut Yenny Wahid, PKBIB ini tidak akan menjadi tempat untuk politik transaksional dan pragmatisme politik. Sebab, selama ini partai politik justru sering  mencederai rakyat dan demokrasi itu sendiri akibat menghalalkan segala cara, korupsi, dan politik uang atau money politics.

“Kita harapkan PKBIB ini menjadi partai terbuka dan menjadi harapan dan membawa perubahan untuk kesejahteraan rakyat,” ujar Yenny.

PKBIB menurut Yenny akan membuat tradisi politik baru, yaitu partai yang tidak mengejar jabatan dan kekuasaan, melainkan mengabdi untuk rakyat, bangsa dan negara. "Kita bukan mengejar jabatan dan posisi, tapi untuk kesejahteran masyarakat. Untuk itu, tokoh-tokoh semacam itulah yang akan PKBIB akomodir untuk memimpin negeri ini," tambahnya.

Yenny sendiri mengaku dirinya tidak mempunyai ambisi untuk nyapres 2014, karena untuk melanjutkan perjuangan Gus Dur, cukup dengan memiliki partai dan lolos PT 3,5 persen. Selain itu, dirinya masih bertanggung jawab terhadap kedua putrinya yang masih kecil-kecil bahkan yang kedua, Amira masih menyusui ASI.

“Jadi, saya belum berpikir nyapres. Silakan tokoh-tokoh nasional tersebut jika berkehendak masuk PKBIB,”tegas Yenny lagi.

Dengan berkas yang lengkap yaitu 100 % di 33 provinsi, 75 % kabupaten/kota, 50 % lebih kecamatan, dan 30 % perempuan dan berkas lainnya yang disyaratkan oleh KPU sudah dipenuhi.

“PKBIB sudah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan KPU dan UU Parpol. Selain kami optimis lolos verifikasi KPU, lolos PT, dan juga optimis target 50 kursi DPR dan DPRD seluruh Indonesia,”  ungkap Yenny.