Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Untuk Wahana Bermain dan Pengetahuan Anak

Djasarmen Usulkan Pembuatan Kebun Binatang di Barelang
Oleh : surya
Rabu | 05-09-2012 | 15:07 WIB
jasarmen_purba.jpg Honda-Batam

PKP Developer


Anggota DPD Kepri Djasermen Purba

JAKARTA, batamtoday - Anggota DPD Kepulauan Riau (Kepri) Djasermen Purba mengusulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri atau Pemerintah Kota (Pemko) Batam membuat Kebun Binatang sebagai tempat wahana bermain dan sarana belajar pengetahuan bagi anak-anak.


"Kebun binatang sangat penting untuk mendidik anak-anak, yang selama ini hanya dilihat melalui televisi. Seperti apa bentuk gajah anak-anak harus tahu, tahunya hanya gambar saja tapi visualnya langsung bentuk binatangnya langsung belum. Masak mau ke Kebun Binatang harus ke Singapura atau Jakarta dulu," kata Djasermen di Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Djasarmen mengatakan, lokasi Kebun Binatang itu bisa dibuat di Barelang dengan luas 50 hektar. Karena itu, berharap agar Pemprov Kepri atau Pemko Batam segera melayangkan surat ke pemerintah pusat guna merespon pembuatan Kebun Binatang tersebut.

"Kalau sudah ada permintaan dari daerah, tentu kita (DPD, red) akan bantu mengusulkan kepada pemerintah pusat agar Kepri dibuatkan Kebun Binatang. "Ini mendesak untuk pendidikan anak, harus segera diupayakan. Jangan hanya anak kita terus menerus diceritakan macam-macam binatang, tetapi tidak pernah mengetahui secara langsung," katanya.

Keberadaan Kebun Binatang itu, lanjutnya, setidaknya bisa mengajarkan nilai-nilai kepada anak-anak mengenai bagaimana menyayangi binatang, disamping kesejukan alam untuk rekreasi keluarga.

"Soal pendanaan bisa dari Provinsi, binatangnya bisa didatangkan dari daerah di Indonesia atau luar negeri. Kalau ada Kebun Binatang di Batam tidak perlu lagi kita ke Singapura atau ke Jakarta, sehingga uangnya bisa masuk ke daerah. Wisatawan juga akan semakin sering ke Batam," kata Anggota Komite II DPD RI ini.