Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Krenyes Segar, Bir Goreng dari Texas
Oleh : dd/dtf
Senin | 03-09-2012 | 10:48 WIB

TEXAS, batamtoday - Sekilas camilan ini seperti pastel goreng. Teapi saat digigit keluar cairan yang tak lain adalah bir. Kreasi unik ini memakai bentuk dan adonan ravioli. Ternyata sangat digemari pengunjung yang mengunjungi festival di Festival Negara Bagian Texas.


Namanya Deep Fried Beer alias bir goreng. Berbentuk seperti ravioli, yaitu adonan pasta yang dibentuk segi empat seperti amplop dengan beragam isian di dalamnya. Namun, yang ini adonannya gurih mirip pretzel diisi bir kemudian digoreng dalam minyak 180 C selama sekitar 20 detik.Waktu menggoreng yang sangat singkat ini supaya aroma alkohol tidak menguap.

Penemu kreasi unik bir ini adalah Mark Zable. Ia memerlukan waktu sampai 3 tahun untuk menciptakan sebuah metode memasak yang pas untuk bir goreng ini. Proses hak paten ini juga sempat tertunda. “Tak ada orang yang bisa menggoreng cairan sebelumnya. Rasanya seperti makan pretzel sekaligus minum bir,” tutur Zable.

Dalam membuat camilan ini, ia menggunakan bir Guinness. Namun, mungkin saja bir akan diganti dengan pale ale untuk membuat kreasi berbeda dan supaya para pelanggan tidak bosan. Tidak ada bahan spesial yang dipakai dalam bir goreng ini.

Bir gorengnya akan diperkenalkan secara resmi dalam kompetisi makanan gorengan di Festival Texas akhir bulan ini. Festival Texas ini akan diadakan di kota Dallas tanggal 28 september sampai 21 oktober 2012. Untuk satu paket deep fried beer berisi 5 buah ini dihargai sekitar Rp. 48.000. Namun, sesuai aturan pengunjung yang membeli harus berusia 21 tahun ke atas karena makanan ini mengandung alkohol.