Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Praktis Bikin Sambal Lezat dan Awet
Oleh : dd/dtf
Senin | 27-08-2012 | 08:54 WIB

BATAM, batamtoday - Sambal merupakan salah satu kebutuhan pokok saat puasa. Tak sedap jika makan tanpa sambal. Jika dihaluskan dengan cara manual memakan waktu. Karena itu gunakan cara-cara praktis ini. Bikin stok sambal agar sewaktu-waktu diperlukan bisa langsung dipakai.


Mumpung cabai belum mahal, membuat sambal untuk dibekukan atau disimpan beberapa hari bisa menjadi solusi hemat waktu dan biaya. Rasanya tetap pedas dan segar. Langkah membuatnya juga tidak sulit, ikuti saja tahapannya berikut ini.

1. Cabai
Bahan utama sambal ini adalah cabai merah, bisa dipilih yang keriting atau yang besar. Jika ingin rasa pedas yang tak terlalu tajam, gunakan cabai merah besar yang dibuang bijinya. Jika suka rasa pedas menggigit tambahkan cabai rawit merah. Pilih yang segar, utuh dan tidak ada yang busuk atau rusak.

2. Bawang Merah dan Putih
Bahan lainnya adalah bawang merah dan bawang putih. Untuk 100 gram cabai merah bisa ditambahkan 5 butir bawang merah dan 3 siung bawang putih. Potong-potong cabai, bawang merah dan bawang putih kasar-kasar.

3. Menghaluskan
Masukkan ke dalam mangkuk blender, tambahkan 1 sdt garam dan 100 ml air. Proses hingga halus. Tuangkan ke dalam wajan, masak hingga air habis dan sambal mengental. Bisa juga ditambahkan 1 sdm minyak lalu tumis hingga wangi.

4. Menyimpan
Taruh sambal ini dalam wadah bertutup rapat atau kantong plastik dan simpan dalam lemari es atau freezer. Sambal bisa tahan disimpan lebih dari seminggu. Jika akan dipakai, tambahkan bumbu lain seperti kunyit, merica, ketumbar, dll, sesuai resep yang diperlukan.