Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Timur akan Miliki 15 Bandara Baru
Oleh : dd/tc
Rabu | 22-08-2012 | 12:45 WIB

JAKARTA, batamtoday - Pemerintah berencana membangun 15 bandara baru yang diprioritaskan di Koridor 6 atau Indonesia bagian Timur yang mulai dibangun pada 2013. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan 52 persen belanja modal pemerintah memang dialokasikan di wilayah tersebut.


“Hal ini untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia," kata Hatta di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, seperti dikutip Tempo.Co akhir pekan lalu. 

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan ada anggran sebesar Rp 31,4 triliun yang bisa digunakan untuk pengembangan transportasi. Menurut Mangindaan anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun 15 bandara baru di wilayah timur.

Selain itu di tahun 2013 nanti akan ada pengembangan dan rehabilitasi 120 bandara dan tercapainya 132 rute perintis udara.

Hanya saja kata Mangindaan tahun 2013 nanti prioritas terbesar anggaran Kementerian Perhubungan adalah pengembangan moda transportasi laut. "Yang berikutnya adalah pengembangan kereta baru transportasi udara," kata Mangindaan.