Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Posko Polisi di Simpang Barelang Terkesan Diacuhkan
Oleh : ocep/dd
Selasa | 14-08-2012 | 10:51 WIB

BATAM, batamtoday - Sejumlah warga menilai pengoperasian posko polisi di Simpang Lampu Merah Barelang tidak terlalu memengaruhi kepatuhan berlalu lintas pemilik kendaraan di simpang tersebut.


Sejak Sabtu atau Minggu lalu, berdiri posko polisi di Simpang Lampu Merah Barelang.

Tulisan yang terpampang di atas tenda kuning itu mengartikan posko tersebut utamanya didirikan dalam rangka pengamanan suasana Lebaran.

Namun apakah belum beroperasi penuh atau memang belum dioperasikan, sejak Senin dan Selasa (14/8/2012) hari ini, di kisaran pukul 09.00-10.00 WIB, tidak terlihat petugas yang berjaga di posko tersebu.

Sejumlah warga pun menilai keberadaan posko tidak memengaruhi kepatuhan berlalu lintas para pemilik kendaraan di simpang itu.

"Itu lihat saja mas, mobil-mobil dan motor-motor masih banyak yang parkir di badan kanan jalan," kata Iwan (30) salah seorang warga sekitar.

Menurutnya, sebelum posko tersebut berdiri, banyak pemilik kendaraan memarkirkan kendaraannya di badan kanan jalan, bahkan seolah sudah menjadi hal yang dianggap biasa terlihat di simpang itu.

Namun setelah posko itu didirikan, kondisi tersebut juga masih tampak tidak berubah, padahal secara fisik posko itu jelas terlihat dan jelas pula tampak itu merupakan posko polisi.

Bukan itu saja, lanjut Iwan, masih banyak juga pengendara mobil dan motor yang menerobos lampu merah meski setelah posko itu berdiri, begitu juga pengendara motor yang tidak menggunakan helm masih banyak yang berlalu lalang di sana.

"Aku rasa, pasti posko itu memang untuk pengamanan lebaran. Tapi masak polisi yang berjaga di situ membiarkan begitu saja pelanggaran lalulintas yang terjadi di depan matanya," ketus Iwan.

Di tempat terpisah, Anto (45) warga lainnya, mengungkapkan, seharusnya dengan pendirian posko di simpang itu, selain membantu melakukan pengamanan, polisi juga melakukan edukasi atau penertiban pelanggaran lalulintas yang terjadi.

Banyaknya pelanggaran yang terjadi di sana dan tidak dilakukan penertiban, dia menganggap polisi seolah melakukan pembiaran pelanggaran lalulintas.

"Di simpang Barelang seperti sudah jadi tradisi, banyak orang parkir sembarangan di badan jalan, menerobos lampu merah, nggak pake helm," sambungnya.

Karena itu dia juga sependapat dengan Iwan bahwa pendirian posko polisi di simpang itu terkesan tidak memengaruhi kepatuhan berlalu lintas pemiliki kendaraan dan pengguna jalan di sana.

Sementara itu, dari pantauan, lepas pagi menjelang siang ini, arus lalulintas dari kawasan Batu Aji menuju Muka Kuning, terlihat lancar.

Kondisi yang sama juga tampak dari Simpang Lampu Merah Kabil menuju kawasan Batam Center, begitupun arah sebaliknya.