Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencaker Berharap Info Lowongan Kerja Cepat Akses Lewat Internet
Oleh : Gokli/Dodo
Sabtu | 04-08-2012 | 11:47 WIB

BATAM, batamtoday - Pencari kerja (pencaker) di kota Batam hampir setiap harinya mencari informasi lowongan kerja (loker). Namun, penyediaan informasi loker dari beberapa perusahaan yang hanya ada di tempat-tempat tertentu membuat para pencaker merasa kesulitan untut mendapatkan informasi tersebut.


Sebagian besar pencaker berharap supaya info loker tersebut dapat diakses atau diperoleh di setiap tempat tanpa ada batasan waktu.

Ditemui di salah satu tempat penyedia lowongan kerja di kawasan Batamindo, Comunity Center (CC) pada Sabtu (4/8/2012) para pencaker tampak memadati tempat tersebut. Namun, tak jarang mereka mengeluh karena waktu dan jarak yang ditempuh cukup jauh dari beberapa tempat sudut Batam.

Weny misalkan, pencaker asal Sekupang ini terpaksa menempuh jarak yang cukup jauh sampai ke kawasan Batamindo. Tapi, karena butuh pekerjaan hal tersebut terpaksa dia lakukan.

"Jauh kali bang, saya ini dari Sekupang. Cobalah kalau info loker ini bisa kita akses di internet misalkan, kan tak harus jauh-jauh datang ke tempat ini. Tapi, karena terpaksa tetap harus," keluhnya.

Menurutnya, info loker yang cepat akses jauh lebih meringankan dibanding harus menempuh jarak jauh dan menyita banyak waktu. Masalah info loker ini seharusnya sudah bisa di akses melalui internet, karena sekarang sudah zamannya menggunakan teknologi canggih.

"Kan, lebih cepat pakai internet mas. Kalau ada lowongan maunya lamaran kerja juga bisa dikirim langsung lewat internet itu," harapnya.

Hal senada juga dilontarkan Warso, akses mendapat info loker seharusnya sudah dapat diakses melalui internet. Selain tak menyita banyak waktu, melalui internet bisa dilihat di manapun dan kapanpun.

Memang, hal ini dikatakan Warso bukan karena merasa tidak senang dengan tempat penyediaan loker di CC. Bahkan, dia menganggap itu sudah sangat membantu tapi tidak sepenuhnya untuk warga yang jauh dari lokasi Mukakuning.

"CC ini juga sudah bagus dan sangat membantu. Tapi, bagi kami yang dari luar kota dan maupun yang jauh dari lokasi Mukakuning terpaksa harus meluangkan banyak waktu untuk mendapat info loker ini. Saya berharap, beberapa perusahaan di kota Batam ini harusnya sudah memposting lowongan kerja lewat internet maupun media massa," paparnya.

Pantauan batamtoday di lokasi, para pencaker tampak sibuk melihat info loker yang ditempel di dinding tersebut. Sebagian tampak digoda para penyalur dan sebagainya.