Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencaker di CC Batamindo

Pilih Perusahaan Tanpa Gunakan Penyalur
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 22-06-2012 | 10:14 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan pencari kerja (pencaker) hampir setiap harinya memadati Community Center (CC) Batamindo karena di tempat tersebut puluhan perusahaan menempel informasi lowongan kerja. Hampir 80% diantaranya lebih memilih mencoba melamar ke perusahaan yang tak menggunakan tenaga jasa penyalur, salah satunya PT Infineon. 

Pantauan batamtoday satu minggu terakhir di CC Batamindo, para pencaker berlomba memasukkan lamaran ke perusahaan yang langsung merekrut tenaga kerjanya sendiri. Memang, ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan tanpa jasa penyalur, tapi dari beberapa perusahaan tersebut pencaker lebih memilih PT Infineon. 

Salah seorang pencaker wanita, Bernita Sinaga (23) mengaku lebih tertarik memasukkan lowongan kerja ke PT Infineon lantaran proses pelamaran yang dilakukan tidak melalui jasa penyalur melainkan langsung dengan pihak perusahaan tersebut. Selain itu, dia juga mengatakan informasi yang didapatnya dari beberapa karyawan PT Infineon banyak mendapat bonus maupun tunjangan dan termasuk salah satu perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan pekerjanya. 

"Alasan utama saya karena perusahaan itu tidak menggunakan jasa penyalur, terus kata teman yang sudah kerja di dalam banyak bonus kerjanya," papar Bernita, Jumat (22/6/2012). 

Memang, dari sekian banyak yang melamar ke PT Infineon, kata Bernita, tak semuanya lolos seleksi lamaran. Seperti halnya beberapa nama yang ditempel di papan pengumuman CC tersebut hanya 27 orang yang lolos seleksi lamaran dari sekian ratus pelamar. 

"Kemarin, kami banyak yang menjatuhkan lamaran ke perusahaan itu. Tapi, tak semua lolos hanya beberapa orang saja yang diterima itupun masih akan diseleksi lagi," jelasnya. 

Masih kata Benita, saat ini lamaran dia belum lolos seleksi di PT Infineon. Tapi dia turut merasa bangga lantaran dua orang saudara kandungnya lolos seleksi lamaran di perusahaan tersebut. 

"Mungkin belum nasib aja sih mas, yang penting dua saudaraku lolos seleksi lamaran. Mudah-mudahan kedua saudara saya diterima menjadi karyawan," harapnya tanpa menyebut kedua nama saudaranya yang lolos seleksi lamaran.

Karena lamaran belum diterima, Bernita berniat mencari perusahaan yang sama seperti PT Infineon yang tidak menggunakan jasa penyalur. Hal yang sama juga dikatakan beberapa pencaker yang memadati CC Batamindo. 

"Cari perusahaan yang tak ada penyalur dululah mas. Kalau nantinya tak ada lagi, terpaksa ikutin syarat penyalur," tambah Yusni pencaker lainnya.