Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dahlan Minta Garuda Tambah Rute Penerbangan dari Batam
Oleh : Ocep/Dodo
Jum'at | 08-06-2012 | 14:40 WIB
Dahlan.jpg Honda-Batam

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

BATAM, batamtoday - Wali Kota Batam meminta Garuda Indonesia menambah rute penerbangan dari Batam ke daerah-daerah lain di Sumatera dan Jawa.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, mengatakan kota ini masih membutuhkan penambahan rute penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia. 

"Perlu dipertimbangkan rute dari Batam ke daerah lain seperti ke Pekanbaru dan Bandung," ujarnya sebelum membuka Garuda Travel Fair 2012 di Mega Mall, Jumat (8/6/2012).

Dijelaskannya, saat ini sudah semakin banyak pelajar yang berasal dari Batam menjalani studi di berbagai daerah di Pulau Sumatera dan Jawa. 

Selain itu, perkembangan industri perkapalan, manufaktur dan pariwisata di Batam yang tengah berlangsung juga menurutnya memerlukan dukungan layanan penerbangan dan travel yang lebih luas.

Terlebih Batam juga didesain sebagai daerah tujuan wisata dan untuk masa yang akan datang Batam juga diyakininya akan menjadi pintu masuk (gateway) bagi warga asing yang ingin bepergian ke daerah lain di indonesia. 

"Dalam waktu dekat misalnya, pemerintah kota berencana mengadakan International Culture and Culinary Festival pada 2013," sambungnya. 

Suranto, Senior GM Area Indonesia Barat PT Garuda Indonesia mengungkapkan, pihaknya memang sudah berencana menambah rute layanan penerbangan dari Batam. 

"Untuk itu, 2015 nanti Medan akan menjadi base untuk pesawat-pesawat yang melayani rute Sumatera dengan pesawat CRG Next Generation dari Kanada," jelasnya. 

Selain itu Garuda, katanya, juga berencana menghubungkan 15 kota di Indonesia ke luar negeri dengan melakukan penambahan jumlah armada dari 92 menjadi 194 unit pesawat yang berusia di bawah 6 tahun. 

"Sehingga pada 2015 kami akan jadi airline bintang 5 yang akan diperkuat juga dengan pesawat Airbus A320," ujarnya.