Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bothok, Kuliner Tradisional Jawa yang 'Ngangeni'
Oleh : Arianto/Dodo
Jum'at | 08-06-2012 | 12:50 WIB

BATAM, batamtoday - Menjamurnya restoran maupun warung makan yang menjajakan menu kuliner modern di Batam, terkadang membuat para penggemar makanan tradisional susah mendapatkan menu kuliner yang bisa mengobati kerinduan akan produk kuliner asli kampung halaman.

Seperti halnya dengan menu kuliner tradisional Bothok dari Pulau Jawa. Tak banyak memang, masyarakat yang mengenal jenis kuliner ini. Namun bagi mereka yang telah berusia lebih dari 40 tahun dan telah lama meninggalkan Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, pasti tahu kelezatan yang didapatkan saat menikmati Bothok.

Adalah seorang Denish, pemilik Waroeng Bothok Sragen 89 di Ruko Pasar Mega Legenda blok B2 nomor 18, Batam Centre. Dia tak ragu menjadikan Bothok sebagai menu utama di warungnya lantaran tak banyak pelaku bisnis usaha kuliner yang menjadikan Bothok sebagai menu andalan.

"Bothok ini adalah makanan tradisional dan memiliki nilai nostalgia yang sangat tinggi, selain tentunya menyehatkan dan rendah kolesterol karena diolah tidak menggunakan minyak goreng," kata Denish kepada batamtoday, Jumat (8/6/2012).

Dalam Wikipedia, Bothok merupakan makanan khas Jawa yang terbuat awalnya dari ampas/bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya (santan). Pada awalnya botok yang terbuat dari ampas kelapa ini dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi ini tidak dibuang. Oleh karena itu ampas kelapa ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam, dibungkus dalam daun pisang, yang kemudian dikukus dalam uap panas. Bothok pada saat ini dimodifikasi juga dengan petai cina, tahu, teri dan udang.

"Ada juga kami sediakan Bothok dengan variasi menunya bersama lele, ayam, ikan dan belut," kata dia.

Bothok paling nikmat jika disantap dengan nasi yang hangat. Biasanya, penggemar Bothok yang rata-rata sudah berumur ini menambahnya dengan siraman Sambal Tumpang.

"Rasanya memang nyoss, mas. Bothok ini makanan yang 'ngangeni' (bikin kangen-red.)," ujar Suratman, pria 45 tahun asal Wonogiri, Jawa Tengah saat bersama batamtoday menikmati makanan di Waroeng Bothok Sragen 89.

Selain menu utama Bothok, Waroeng Bothok Sragen 89 juga menyediakan menu lain seperti ayam goreng, ayam bakar, pecel lele dan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau antara Rp10 ribu hingga Rp35 ribu per porsi.