Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan Lokal Warnai Cuaca Kepri
Oleh : Ali/Dodo
Rabu | 30-05-2012 | 14:05 WIB

BATAM, batamtoday - Hujan berskala lokal diperkirakan akan terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (30/5/2012). 

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Try Agus mengatakan perkiraan tersebut didasarkan pada pantauan satelit cuaca yang mendeteksi adanya daerah putaran angin (eddy) di barat sumatera mengakibatkan daerah sekitar kepulauan riau menjadi daerah belokan angin (shearline) serta kelembaban udara tinggi mendukung proses pertumbuhan awan. 

"Cuaca di Kepulauan Riau diprakirakan cerah berawan hingga berawan dan berpeluang hujan ringan yang bersifat lokal," kata dia.

Kecepatan angin diperkirakan berkisar 5 hingga 22 kilometer per jam dan gelombang laut yang cukup kondusif antara 0,4 hingga 1,3 meter.     

Namun meski cuaca diprediksi cukup kondusif, Agus mengingatkan agar para pengguna transportasi darat, laut dan udara tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya perubahan cuaca yang berlangsung tiba-tiba.