Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

101 Perawat Muda Diberangkatkan ke Jepang
Oleh : ant/si
Kamis | 17-05-2012 | 10:18 WIB

JAKARTA, batamtoday - Sebanyak 101 perawat muda asal Indonesia akan berangkat ke Jepang untuk bekerja sebagai tenaga medis dan pengasuh orang lanjut usia pada Kamis (17/5).

"Masyarakat kami di Jepang sangat terbantu dengan kehadiran para perawat Indonesia di sana," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, di Jakarta Kamis (17/5/2012). .

Ia menjelaskan, para perawat muda itu sebelumnya telah mengikuti pelatihan Bahasa Jepang di Jakarta dan akan kembali mengikuti pelatihan serupa selama enam bulan setibanya di Jepang.

Sebanyak 29 orang dari perawat yang berangkat ke Jepang akan bekerja sebagai tenaga medis di sejumlah rumah sakit di Jepang dan sisanya menjadi pengasuh untuk orang lanjut usia di panti-panti jompo maupun  rumah tangga.

Mereka akan bekerja selama empat tahun di Jepang. Selama itu mereka harus mengikuti ujian sertifikasi nasional yang diselenggarakan Pemerintah Jepang setiap tahun untuk mendapatkan akreditasi dan kesempatan perpanjangan kontrak kerja baru.

Salah seorang perawat asal Solo, Woro Harinten (24), mengatakan bahwa dia tertarik untuk bekerja di Jepang karena berharap mendapatkan penghasilan yang besar.

"Sejak saya kuliah di Politeknik Surakarta, saya memang bercita-cita untuk menjadi perawat di luar negeri karena gajinya lebih besar daripada di Solo atau di kota lain," kata perempuan yang dua kali mengikuti tes penyaringan itu.

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan tenaga kerja perawat ke Jepang sejak 2007, sebagai bentuk kerja sama bilateral. Program tersebut didukung sepenuhnya oleh lembaga terkait dari kedua negara