Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota DPRD Batam Datangi PT Varta, Aksi Buruh Memanas
Oleh : gk/dd
Rabu | 16-05-2012 | 16:01 WIB
Anggota-Dewan-di-PT-Varta.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komisi IV DPRD Batam bersama perwakilan Disnaker yang mendatangi PT Varta

BATAM, batamtoday - Enam orang anggota komisi IV DPRD Batam bersama perwakilan Disnaker mendatangi PT Varta di Lot 310 Kawasan Industri Batamindo, Rabu (16/5/2012) siang. Kedatangan anggota dewan ini membuat aksi buruh semakin memanas.

Memanasnya aksi buruh PT Varta karena pihak sekurity perusahaan tak memberikan izin masuk kepada buruh untuk melalukan sholat dan sebagian buruh untuk menumpang toilet buang air kecil.

Seratus lebih buruh berdesak-desak mencoba mengoyang-goyang pintu pagar sampai nyaris roboh. Beruntung, aksi ini bisa ditertibkan ketika salah seorang anggota dewan, Udin P Sihalohon menjamin dan akhirnya buruh diperbolehkan masuk secara berantrian.

"Saya mohon jangan sampai terjadi tindak anarkis di dalam, soalnya saya sebagai jaminannya," kata Udin dari lokasi perusahaan.

Perbincangan antara anggota Dewan, pihak Disnaker Batam, pihak kepolisian bersama beberapa staf perusahaan masih berlangsung. Namun, melihat pemilik perusahaan atau pun pihak menajemen yang bisa mengambil keputusan tak hadir di lokasi, aksi buruh kembali memanas.

"Woiii, menajemen kampret, gablek. Kamu itu sudah melakukan penindasan kepada buruh," teriak para buruh sambil menggoyang pagar.

Saat anggota Komisi IV yang datang ke lokasi masih menunggu kehadiran pihak menajemen PT Varata, ratusan lebih buruh tetap meneriakin dari luar pagar.