Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sediakan Informasi Lowongan Pekerjaan

CC Batamindo Selalu Dipadati Pencaker
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 15-05-2012 | 18:19 WIB
cc-batamindo.....gif Honda-Batam

PKP Developer

Community Centre Batamindo.

BATAM, batamtoday - Community Center (CC) di Kawasan Industri Batamindo (KIB) selalu dipadati pencari kerja (pencaker). Pasalnya, di tempat tersebut informasi berbagai lowongan kerja untuk semua perusahaan yang beroperasi di KIB dipampang.

Berbagai informasi lowongan kerja ditempel di papan pengumuman oleh pihak perusahaan terkait. Sehingga, pencari kerja dengan sangat mudah mengetahui perusahaan mana saja yang menerima karyawan dan bagian apa saja yang diterima.

Menurut beberapa pencaker di lokasi, penyedian tempat bursa kerja tersebut sangat bermanfaat bagi mereka. Selain tak harus mendatangi perusahaan terkait, dalam informasi itu juga sudah lengkap bagian yang diterima dan semua persyaratan pelamaran.

"Membantu juga bagi pencari kerja. Dengan adanya ini, kami tak lagi repot harus menanyakan informasi ke setiap perusahaan, di sini semua sudah jelas," kata Rahmad (20), pencaker asal Jawa Timur.

Selain membantu, kata Rahmad masih ada kendala yang sering dihadapi oleh pencari kerja ketika harus berhadapan dengan jasa penyalur. Dimana, beberapa perusahaan yang membuka lowongan kerja masih banyak yang menggunakan jasa penyalur, hanya beberapa perusahaan saja yang langsung melakukan penerimaan tanpa jasa penyalur.

"Kadang kita jadi kesal, ketika harus berhadapan dengan penyalur. Karena, saat ini banyak permasalahan yang terjadi antaran karyawan dengan pengusaha disebabkan oleh penyalur tersebut," keluhnya.

Selain itu, pencaker lain, Yunianti (25) mengatakan kalau saja bukan karena terdesak mungkin mereka tak akan memilih menggunakan jasa penyalur. Tapi susahnya mencari kerja dan kebutuhan hidup yang semakin melambung tinggi mau tak mau harus menggunakan jasa penyalur untuk dapat kerja.

"Menggunakan jasa penyalur itu sangat menyedihkan. Dari pengalaman saya dua tahun menjadi karyawan tak pernah terima gaji sesuai dengan apa yang kita kerjakan, tetap panyak potongan. Jelas sangat berbeda dengan karyawan lokal (yang dikontrak perusahaan secara langsung)," jelasnya.

Terkait dengan adanya tempat yang menyediakan informasi lowongan kerja seperti CC, sebut Yunianti memang sangat membantu karena tak lagi harus mendatangi perusahaan terkait untuk menanyakan lowongan.