Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karyoto Sebut Kelangkaan BBM Akibat Ulah Spekulan
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Selasa | 15-05-2012 | 17:16 WIB
kapolres-sidak-spbu.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kapolresta Barelang Kombes Pol. Karyoto saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah SPBU di Batam menyikapi kelangkaan BBM yang terjadi.

BATAM, batamtoday - Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah SPBU di Batam akhir-akhir ini dikarenakan ulah spekulan dengan modus lama mengisi kendaraannya secara berulang-ulang dan bukannya oleh pengurangan kuota pasokan dari pihak Pertamina.

Demikian dikatakan Kapolresta Barelang, Kombes Pol Karyoto usai melakukan sidak dibeberapa SPBU di Batam, Selasa (15/5/2012) kepada batamtoday.

"Dugaan kami dari hasil sidak hari ini akibat kelangkaan BBM di sejumlah SPBU di Batam akhir-akhir ini disebabkan adanya spekulan yang bermain untuk menimbun BBM dan kemudian akan menjual kembali ke industri," terang Karyoto.

Dari penjelasan pihak SPBU, lanjut Karyoto, pasokan dari Pertamina yang sedikit terlambat menyuplai BBM ke sejumlah SPBU di Batam tak begitu mempengaruhi dari kelangkaan BBM saat ini.

"Buktinya dari para pengusaha SPBU mengatakan meskipun pasokan dari Pertamina sedikit terlambat tetapi tak mempengaruhi kelangkaan BBM, baik itu solar maupun premium," lanjutnya.

Guna menindaklanjuti kasusnya agar tak lebih berkelanjutan, akan ditempatkan masing-masing dua personil polisi di setiap SPBU di Batam dari polsek-polsek terdekat.

"Kita akan menempatkan masing-masing dua personil di setiap SPBU untuk memantau jika ada spekulan atau pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan kelangkaan BBM selama ini," ujar perwira Akpol angkatan 1990 ini. 

Selain itu, Karyoto juga menghimbau kepada pengusaha SPBU di Batam untuk tidak semuanya membuka pelayanan usaha selama 24 jam sebab akan dimanfaatkan oleh spekulan untuk mencari kesempatan menimbun BBM terutama di saat malam hari.