Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim SAR Temukan Jasad Korban Sukhoi
Oleh : Redaksi/Inilah.com
Kamis | 10-05-2012 | 15:32 WIB

JAKARTA, batamtoday - Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan bahwa petugas yang dikerahkan untuk melakukan pencarian di wilayah Gunung Salak, Cidahu, Jawa Barat, telah menemukan pesawat Sukhoi Superjet 100. Selain serpihan pesawat, petugas juga menemukan jasad korban di lokasi kejadian.

"Tim kita di lapangan sudah sampai di lokasi, mereka menemukan kondisi pesawat hancur," ujar Humas Basarnas Gagah Prakosa, seperti dikutip Inilah.com, Kamis (10/5/2012). 

Meski telah menemukan adanya jasad korban, namun pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah korban dalam kecelakaan tersebut. Namun ia menduga pesawat Sukhoi Superjet 100 saat kejadian terbang dengan kecepatan yang cukup tinggi, yakni sekitar 800 km per jam. Sebab badan pesawat buatan Rusia tersebut di lokasi kejadian ditemukan hancur berkeping-keping.

Gagah mengatakan, tim jalur udara yang diterjunkan ke lokasi dengan membawa 18 petugas, saat ini tengah mendekati titik lokasi di mana pesawat jatuh. Sementara tim jalur darat terus melakukan evakuasi yang memungkinkan ditemukannya korban selamat.

Basarnas memperkirakan pada Kamis (10/5/2012) sore, jasad korban dapat dibawa ke Jakarta melalui Lanud Halim Perdanakusuma, terutama jika kondisi cuaca mendukung. Namun bila tidak, jasad korban paling lambat dibawa ke Jakarta pada Jumat (11/5/2012) pagi. "Selambat-lambatnya besok pagi, kita lihat cuacanya mendukung atau tidak," kata Gagah.