Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Dipecat Sepihak

Ratusan Massa FSPMI Datangi PT Sun Creation Indonesia
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 10-05-2012 | 12:53 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan massa dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FPMI) Batam menggelar aksi penolakan pemberhentian sepihak yang dilakukan manajemen PT Sun Creation Indonesia (SCI) kepada satu orang buruh dan 35 buruh yang mendapat skorsing akibat beberapa kali melakukan aksi unjuk rasa.

Suprapto, Seketaris Konsulat DPC FSPMI Kota Batam mengatakan aksi yang dilakukan bersama rekan-rekannya merupakan aksi solidaritas karena tidak terima buruh di PT SCI mendapat intimidasi. 

"Kami tidak terima adanya intimidasi dari perusahaan ini. Semua anggota serikat buruh yang ada di perusahaan ini akan di-PHK," ujarnya kepada batamtoday di depan pagar PT SCI yang berada di Kawasan Industri Tunas, Batam Center, Kamis (10/05/2012). 

Dikatakan Suprapto, karyawan yang telah di-PHK secara sepihak oleh manajeman PT SCI  merupakan Seketaris PUK FSPMI di perusahaan itu. Selain itu, dengan intimidasi kepada serikat maupun ke-35 buruh yang menjadi anggota mendapat ancaman akan di-PHK bila tidak mendengar atau mengikuti aturan perusahaan. 

"Rekan kita di-PHK sepihak karena tidak mau lembur, ikut aksi demo menuntut hak-hak buruh, sehingga langsung di pecat begitu saja," kata dia.

Pantauan batamtoday, puluhan massa FSPMI yang melakukan aksi penolakan adanya intimidasi dari manajemen PT SCI tidak ditanggapi oleh manajemen.

Massa buruh meminta Samsul dari manajemen PT SCI untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Karena massa menganggap Samsul adalah sosok yang memperhambat kinerja serikat dalam memperjuangkan nasib buruh. 

Ratusan massa ini akhirnya membubarkan diri meski sebelumnya sempat mendapatkan pengawalan aksi dari kepolisian dan sekuriti kawasan industri.