Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

WALHI Aceh Latih 25 Calon Aktivis Lingkungan
Oleh : Redaksi
Selasa | 01-05-2012 | 15:36 WIB

BANDA ACEH, batamtoday - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh melakukan pelatihan calon aktivis lingkungan. Sebanyak 25 orang calon aktivis lingkungan bergabung dalam Sahabat WALHI (SAWA) WALHI mendapat pelatihan selama tiga hari pada 28-30 April 2012 kemarin.

Pelatihan kali ini mengambil tema Peran Pemuda dalam Mengawal Pelestarian dan Penyelamatan Lingkungan Hidup di Aceh diikuti oleh berbagai mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Serambi Mekkah, Universitas Muhammadiyah dan Universitas Abulyatama. 

Calon aktivis mendapat gemblengan berupa materi tentang ke-WALHI-an, lingkungan hidup, sosial, HAM dan manajemen bencana. 

Ketua Panitia, M. Nur, mengatakan bahwa WALHI Aceh sebagai organisasi non pemerintah bersama publik terus melakukan pengawalan lingkungan bersama-sama. 

“Kami melihat dinamika perubahan saat ini dimana masih ada kelompok pasif, artinya kurang aktif dalam gerakan penyelamatan lingkungan hidup, entah disebabkan pengaruh gaya hidup yang cenderung serba praktis, wajar kemudian tingkat kesadaran publik terutama kaum muda terhadap lingkungan tidak begitu berdampak pada perubahan kebijakan,” jelas M. Nur. 

Apalagi selama ini advokasi yang dilakukan WALHI Aceh memiliki keterbatasan sumberdaya manusia yang ada, dengan luasnya Aceh tidak mungkin pengawalan terus dilakukan WALHI Aceh semata. 

“Karenanya dibutuhkan sinergi semua pihak terutama kaum muda untuk dapat bersama-sama mendorong maupun pengawalan terhadap penyelamatan lingkungan,” tambahnya.