Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Pelayanan Jampersal, Pemko Batam Tambah Jumlah Bidan
Oleh : Ocep
Senin | 02-04-2012 | 16:54 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota Batam meningkatkan pelayanan jaminan persalinan (Jampersal) kepada warga tidak mampu dengan menambah keterlibatan bidan dalam program tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Chandra Rizal mengatakan pada tahun ini pemerintah kota berkomitmen untuk lebih meningkatkan pelayanan Jampersal kepada warga tidak mampu.

Salah satu upayanya adalah dengan menambah jumlah tenaga bidan yang melayani program tersebut.

“Kami mengajak bidan-bidan swasta Kota Batam untuk bergabung dalam program Jampersal,” ujanya, Senin (2/4/2012).

 Jumlah tenaga bidan swasta yang melayani Jampersal di Batam dinilainya masih belum memadai untuk memaksimalkan program Jampersal.

"Dari ratusan bidan swasta yang ada di Batam, baru 46 orang bidan yang berlangganan,” katanya.

Padahal, lanjut dia, instansi kesehatan milik pemerintah seperti puskemas dan rumah sakit wajib memberikan pelayanan Jampersal.

Dijelaskannya, Jampersal merupakan pelayanan kesehatan bagi ibu dari warga kurang mampu yang hendak melahirkan.

Khususnya bagi mereka yang tidak mempunyai jaminan lain, seperti Jamsostek atau Askes.

Untuk mendapatkan pelayanan Jampersal, masyarakat cukup memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat hendak melakukan persalinan kepada bidan yang sudah berlangganan.

Pemerintah daerah sendiri, lanjutnya, akan memberikan dana lebih apabila nantinya ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit.

"Kalau normal biaya Rp500 ribu. Kalau penyulit (operasi) biaya ditambah Rp100 ribu. Itu nanti yang di klaim (bidan) kepada pemerintah," jelasnya.