Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maling Spesialis Pembobol Rumah dan Toko Gentayangan di Batuaji
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 14-02-2012 | 17:02 WIB

BATAM, batamtoday - Maling spesialis pembobol rumah dan toko gentayangan di daerah Batuaji. Dalam seminggu terakhir sudah terjadi empat aksi pembobolan, dua diantaranya rumah, satu kamar kost dan yang sekarang ini ruko di kawasan Mitra Mall yaitu tempat billiar Lucky Pool sekaligus kafe, Selasa (14/2/2012) subuh. 

 

Dua rumah yang dibobol maling pada Jumat (10/2/2012) yakni miliknya Dela Atance (30) ibu rumah tangga di Perumahan Gurindam Raya D4/5, Batuaji dan Andi (32) warga Perumahan Permata Hijau blok E1/8 Batuaji, sementara kamar kost dibobol pada Senin (6/2/2012) di perumahan Genta 1 blok BQ/22 miliknya Subagio karyawan PT NOK Batamindo, Mukakuning. Dari ketiga kejadian korban diperkirakan mengalami kerugian jutaan rupiah. 

Aksi pembobolan yang terjadi di kawasan Mitra Mall ini merupakan kejadian yang kedua. Dimana kejadian yang pertama (20/1/2012) pemilik Lucky Pool Billiar dan Kafe ini mengalami kerugian sekitar Rp10 juta dan yang kedua beberapa barang-barang berharga dirusak para maling. 

"Setelah kedian pertama, kami tidak pernah lagi menyimpan uang di laci, setiap karyawan pulang uang langsung dibawa," terang Marlon salah seorang pengurus tempat tersebut. 

Kejadian ini, kata Marlon tidak tahu pasti, namun diperkirakan subuh sekitar pukul 05.00 WIB dan pelaku diduga lebih dari satu orang. Arena billiar sekaligus kafe tersebut sebelum kejadian tutup sekitar pukul 04.00 WIB dan pada saat itu belum ada kejadian. 

"Setelah tutup semua karyawan pulang ke tempat masing-masing, tidak ada yang menginap di tempat ini," katanya. 

Maling pelaku pembobolan ini, diduga orang yang sama dengan kejadian pertama, dilihat dari modos yang dilakukan sama persis dimana pelaku saat masuk ke dalam mencungkil pintu rolling door dan langsung menuju ke laci kasir. 

"Kejadian ini sama persis dengan yang pertama, mulai dari cara masuk sampai ke laci kasir dengan mencungkil. Untung uang tidak ada di dalam sehingga maling hanya merusak beberapa barang-barang penting saja," jelas Marlon menceritakan modus pelaku. 

Selain menggunakan modus yang sama, Marlon juga menduga pelaku orang yang sudah paham dan kenal dengan lokasi, dimana tidak satu orang pun tetangga yang tahu dan dengar waktu pelaku mencungkil pinto roling door. 

"Dugaan kami pelakunya sama, dan sudah paham dengan lokasi di sini," ujarnya. 

Kejadian pembobolan ini sudah dilaporkan ke Mapolsek Batuaji dan merupakan laporan kedua dari satu tempat yang sama. 

"Kami sudah buat laporan polisi, mudah-mudah pelaku dapat ditangkap," tutup Marlon.