Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TDL dan BBM Naik, Inflasi Masih Terjaga
Oleh : Redaksi/Kapanlagi.com
Sabtu | 11-02-2012 | 15:49 WIB

JAKARTA, batamtoday - Bank Indonesia (BI) memperkirakan, jika tarif dasar listrik (TDL) dan BBM jadi dinaikkan maka inflasi tahun ini masih terjaga dalam kisaran 4,5% plus minus 1%. 

"Kalau TDL itu naik pada waktu kita perhitungkan antara 4-4,5%. Kalau ada pembatasan subsidi BBM maka inflasi kita akan bergerak pada 5,2%-5,3%," ucap Gubernur BI Darmin Nasution di Jakarta, Jumat (10/2/2012). 

Namun, jika BBM bersubsidi dinaikkan maka kenaikan inflasi tergantung dari kenaikkan harga BBM. "Kalau harga (BBM) dinaikkan, memang tergantung, naiknya berapa. Saya tidak bisa jawab itu. Beda kalau naiknya Rp500, Rp1.000. tapi sejauh yang kita perkirakan," ujar Darmin. 

Hal senada diungkapkan Deputi Gubernur BI Hartadi A Sarwono yang mengatakan, inflasi tahun ini masih dalam kisaran target. Meskipun terjadi kenaikan TDL dan BBM. 

"Kita harus hati-hati yang administered price. Kita belum tahu rencana kenaikan BBM (bahan bakar minyak). Namun ada beberapa administered price yang lain, kalau ada kenaikan TDL (tarif daftar listrik) kami hitung dalam perkiraan inflasi pencapaian 4,5% 1 masih tercapai," kata Hartadi.