Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Lingga Gelar Kegiatan Bursa Inovasi Desa di Hotel Lingga Pesona
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 26-09-2018 | 19:04 WIB
desa-inovasi.jpg Honda-Batam
Kepala DMPD Lingga, Dody Hendra saat menyampaikan sambutan dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID) di Aula Hotel Lingga Pesona, Rabu (26/9/2018). (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Aula Hotel Lingga Pesona, Rabu (26/9/2018).

Bursa Inovasi Desa ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa. Ada 75 desa se-Kabupaten Lingga yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Menurut Kepala DMPD Lingga, Dody Hendra maksud dan tujuan digelar kegiatan BID adalah untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam BID itu yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

"Jadi kegiatan ini salah satunya juga untuk meningkatkan kapasitas desa dalam upaya kualitas pelayanan, pemberdayaan, pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat," kata Dody.

Dody mengatakan, kegiatan BID diselenggarakan selama satu hari penuh pada hari ini. Seluruh desa akan diminta menuangkan inovasi apa yang ada di desanya, kemudia di dokumentasikan.

Sementara di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda), Juramadi Esram mengatakan, setiap desa di Kabupaten Lingga punya keunggulan masing-masing. Untuk itu, setiap desa harus mampu berinovasi dan bersaing baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

"Kabupaten Lingga ini semua bidang kita unggul, baik laut, darat, seperti pertanian apalagi perikanan. Dan sebab keunggulan tersebut kita dilirik oleh berbagai investor dari luar seperti China dan Korea," ujar Juramadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan BID tersebut.

Ia menilai, adanya kegiatan ini dapat lebih membuka mata setiap pemerintahan desa untuk lebih berkreasi, berinovasi mengembangkan segala potensi yang ada. Apalagi dengan predikat terbaik tingkat provinsi yang diraih 3 desa di Lingga yakni Desa Panggak Laut, Desa Kute dan Desa Benan diharapkan menjadi motivasi desa-desa lain untuk siap berkompetisi. Ia berharap kegiatan ini bisa menghasilkan output yang baik.

Editor: Gokli