Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sempat Molor, Dinsos Lingga Akhirnya Salurkan 254 Ton Rastra
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 26-09-2018 | 15:40 WIB
rastra-lingga1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penyaluran Rastra di Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Program beras sejahtera (Rastra) untuk keluarga kurang mampu di Kabupaten Lingga akhirnya disalurkan setelah sempat molor dari waktunya yakni Juni 2018 lalu.

Penyaluran langsung ditangani oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A).

"Baru semalam kita mulai menyalurkan dari gudang Bulog ke masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. Jadi rencananya memang akan disalurkan ke kecamatan yang belum menerima," kata Kepala Dinsos-P3A Lingga, Nurmadiah, Rabu (26/9/2018).

Sebelumnya, rastra untuk keluarga yang masuk dalam daftar kurang mampu atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru disalurkan dari bulan Januari-Maret kemarin. Kemudian untuk April-September (triwulan I dan II) ini belum tersalurkan karena terkendala pada proses transportasi untuk pendistribusian.

KPM yang belum menerima rastra berada di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga, yakni Kecamatan Lingga, Lingga Utara, Lingga Timur, Selayar dan Senayang.

Menurut Nurmadiah, proses penyaluran beras rastra untuk KPM ini diakuinya sedikit terlambat. Hal ini dikarenakan baru selesainya proses lelang untuk pengangkutan beras dilaksanakan.

"Terlambat memang, karena peroses lelang untuk pengangkutannya baru selesai kita laksanakan. Jadi usai lelang kita langsung kerja. Saya sendiri yang langsung ngecek perosesnya di gudang Bulog, Dabo," ujarnya

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Sosial di Dinsos-P3A Lingga, Asbullah mengatakan, adapun jumlah beras yang didistribusikan dari Gudang Bulog Dabo Singkep untuk lima kecamatan tersebut sebanyak 254,64 ton.

"Itu semua untuk didistribusikan kepada masyarakat dari bulan April-September, memang harus disalurkan biar selesai semua," kata Asbullah.

Sementara untuk wilayah Pulau Singkep, seperti Kecamatan Singkep, Singkep Barat, Singkep Pesisir, Singkep Selatan serta Kepulauan Posek yang memiliki jarak tempuh dekat dengan Gudang Bulog Dabo, pendistribusian sudah dilakukan hingga bulan Agustus.

"Untuk setiap KPM itu dalam satu bulan menerima 10 kilogram. Ini berasnya gratis, penerima tidak dipungut biaya sepeserpun," ujarnya.

Editor: Yudha