Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah Kawin Kepiting Ciptaan Warga Bintan Siap Bertanding di TTG Asean
Oleh : Redaksi
Rabu | 26-09-2018 | 10:16 WIB
menuju-TTG-Asean.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rio Priyadi, menjelaskan cara kerja rumah kawin kepiting ciptaannya. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Rio Priyadi (36), pencipta rumah kawin Kepiting di Kijang, Bintan Timur sukses melenggang ke tingkat Asia. Berkat Rumah Kawin Kepiting buatannya, kelas persaingan Rio dalam Lomba Tepat Guna (TTG) saat ini bukan lagi level nasional tetapi kelas Asia.

Pada Senin (24/9/2018), Rio Priyadi menyambangi Bandar Seri Bintan. Ia bertemu jajaran Pemkab Bintan. Di sana, dia sempat bercerita seputar ide inovatifnya membuat produksi budidaya kepiting bakau dan ranjungan cangkak lunak di darat. Model budidaya ini menggunakan media pipa.

Sebelum membawa ide budidaya cangkangnya ke tingkat internasional, Rio melewati banyak tahapan penyeleksian. Mulai dari tingkat Bintan, Provinsi Kepri, nasional hingga sekarang ini ke internasional.

Kualitas kepiting yang dipanen menggunakan media pipa versi buatan Rio ini dijamin bagus. "Kualitas kepiting sesuai yang kita inginkan. Kita atur sedemikian rupa bagaimana terkait asupan nutrisi gizi, dan mampu memelihara kepiting dari serangan predator dan perubahan kondisi cuaca. Keunggulan lainnya, kepiting yang dihasilkan ini akan memiliki cangkang yang lunak seperti ayam presto," demikian Rio Priyadi, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Editor: Gokli