Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengawasan Orangtua Soal Aktivitas Anak di Medsos Sangat Urgen
Oleh : Romi Candra
Selasa | 25-09-2018 | 18:04 WIB
anak-main-medsos.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi anak sedang main medsos. (foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengawasan orang tua terhadap anak saat bermain media sosial (medsos) sangatlah penting, urgen. Mereka memerlukan pengawasan dan arahan dari orangtuanya. Hal itu karenakan banyaknya ilmu-ilmu negatif yang dapat mempengaruhi sikap anak.

 

Seperti yang ditangani Satreskrim Polresta Barelang, banyak sekali kasus yang melibarkan anak, terutama berkaitan dengan pelecehan seksual.

Salah satu contoh, yakni gadis berumur 14 tahun, S, terpaksa dikeluarkan sekolah setelah foto berciumannya beredar dengan pelaku yang telah diamankan polisi. Parahnya, mereka juga sudah melakukan hubungan suami istri. Bahkan, perkenalan mereka juga melalui media sosial.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, sangat mengimbau orangtua agar bisa lebih mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan media sosial, sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

"Banyak pengaruh negatif yang didapat untuk anak jika tidak bisa digunakan dengan baik. Karena itu, sangat penting dalam hal ini pengawasan tersebut," ujarnya, Selasa (25/9/2018).

Apalagi lanjutnya, saat ini anak-anak sudah difasilitasi dengan gadget. Sehingga, untuk mengakses media sosial itu lebih mudah.

"Pengawasan tersebut, orangtua seharusnya bisa memeriksa apa saja aktivitas yang dilakukan dalam gadget milik anaknya, karena dikahawatirkan ada hal-hal yang tidak diingikan," pungkasnya.

Sebelumnya, perkembangan teknologi ditambah dengan media sosial yang disalahgunakan, banyak yang menimbulkan hal negatif untuk anak-anak. Seperti yang dialami S (14) gadis yang terpaksa harus dikeluarkan dari sekolah.

Editor: Dardani