Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IHGMA Batam Siap Cetak SDM Pariwisata yang Handal, Tangguh dan Petarung
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 24-09-2018 | 11:04 WIB
IHGMA-Batam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

IHGMA Kota Batam saat menghadiri acara bertajuk 'Pengembangan SMK Pariwisata Pendukung Pariwisata' di SMKN 2 Batam pada Sabtu (21/9/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sektor Pariwisata di Kota Batam memang terus berkembang. Saat ini semakin banyak yang menawarkan jasa perjalanan wisata, membuat atraksi wisata yang baru dan juga banyak pembangunan hotel sebagai sarana akomodasi pariwisata.

Tak hanya itu saja, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penggerak roda kepariwisataan harus menjadi sosok yang tangguh untuk menjalankannya. Sejalan dengan itu, Indonesian Hotel General Manager (IHGMA) Kota Batam menghadiri acara bertajuk 'Pengembangan SMK Pariwisata Pendukung Pariwisata' di SMKN 2 Batam pada Sabtu (21/9/2018).

Ketua IHGMA Kota Batam, Alfanshah yang juga GM Vanilla Hotel Nagoya Batam managed by Mesa Hotels & Resorts ini, menyampaikan kesiapan IHGMA Kota Batam untuk turut serta dalam mempersiapkan SDM yang unggul melalui SMKN 2 Batam.

"Kami siap berkontribusi untuk membantu SMK Pariwisata Batam dalam mencetak SDM yang handal dan siap bersaing di medan perang yang sesungguhnya atau di real industry," ujar Alfanshah.

Dalam penjelasannya, Ketua IHGMA juga mengusulkan program 'GM mentorship for SMK'. Program tersebut bertujuan agar ilmu di industry yang sebenarnya dapat disalurkan kepada murid SMK. Supaya mereka sudah siap bekerja saat lulus nanti.

Dalam acara tersebut turut hadir, Hadi Sutrisno, selaku Corporate General Manager Brand Asana Aerowisata Hotels & Resorts, Ketua Umum DPP Asosiasi SMK Pariwisata Seluruh Indonesia dan sebagai Ketua Kelompok Kerja Tim Implementas Pendidikan Vokasi Pariwisata Kementrian Pariwisata RI.

Dalam pidatonya, Hadi menjelaskan bahwa pentingnya mempersiapkan SDM yang siap tarung untuk dapat bersaing di industri yang sebenarnya. "Dengan adanya komitmen bersama dari para GM yang tergabung dalam IHGMA ini, dapat semakin meningkatkan kualitas SDM melalui SMK dalam bidang kepariwisataan. Sehingga semakin banyak SDM yang memiliki wawasan kepariwisataan yang sejalan dengan pariwisata sebagaimana mestinya dan mampu bersaing dengan dunia luar," ungkapnya.

Turut hadir anggota IHGMA dalam acara tersebut antara lain GM Vanilla Hotel Batam, GM Horison Ultima King's Batam, GM Harris Hotel Batam Centre, GM Allium Hotel, GM Nagoya Mansion Hotel & Residence, GM The Hill Hotel, dan GM Sahid Hotel Batam Centre.

Editor: Gokli