Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meningkatnya Kriminalitas Remaja di Karimun Jadi Perhatian Khusus Kepolisian
Oleh : Wandy
Kamis | 20-09-2018 | 12:17 WIB
kapolres-karimun12.jpg Honda-Batam
Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Maraknya kasus kriminalitas yang melibatkan anak di bawah umur di Kabupaten Karimun hendaknya jadi perhatian khusus bagi semua pihak.

Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya mengungkapkan, pihaknya sering kali mendapatkan informasi bahwa ada beberapa kenakalan remaja yang kerap mengganggu aktivitas masyarakat.

"Saat ini kenakalan ramaja meningkat. Ini yang menjadi perhatian kita karena perilaku mereka ini sangat meresahkan masyarakat," kata Hengky, Kamis (20/9/2018).

Hengky mengatkan, kepolisian terus melakukan upaya pencegahan aktivitas kenakalan remaja yang menjerumus ke tindak kriminal. "Kita terus melakukan cipkon setiap malam guna mengontrol kegiatan anak-anak tersebut," katanya.

Di tempat terpisah Bupati Karimun Aunur Rafiq terkejut mendengar perihal itu. Pihaknya akan meningkatkan program pembinaan, terlebih dalam hal perlindungan anak.

"Akan segera kita lakukan sosialisasi agar anak-anak tersebut dapat dibina. Sehingga anak jangan sampai terlibat dalam kriminalitas. Pasalnya anak harus mendapat perlakuan khusus, di sini peran orangtua juga harus dilibatkan, agar mengetahui dengan siapa anak bermain agar tidak terlibat hal negatif," kata Rafiq.

Menurut Rafiq, kenakalan tersebut terjadi disebabkan faktor pergaulan, anak tersebut memiliki masalah di lingkungan keluarga dan kehidupan sosialnya.

"Maka diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih memperhatikan anak-anak, serta memberikan bimbingan dan pembinaan yang ekstra. Karena anak-anak seperti ini jangan sampai kita kucilkan, seharusnya harus kita dekati dan berikan dia pemahaman," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan memerintahkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Perlindungan Anak dan Perempuan, Dinas Sosial. Agar dapat melaksanakan program pembinaan terhadap anak, serta Dinas Pendidikan agar dapat melakukan pembinaan di setiap sekolah di Karimun.

Editor: Yudha