Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imunisasi MR di Karimun Mencapai 35 Persen
Oleh : Wandy
Selasa | 18-09-2018 | 13:29 WIB
aunur-rafiq13.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Karimun Aunur Rafiq. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pelaksanaan imunisasi Measles dan Rubella (MR) di Kabupaten Karimun masih terus di laksanakan, saat ini sudah mencapai 35 persen.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, hingga saat ini pemberian imunisasi MR sudah mencapai 35 persen. Dengan sisa waktu 2 minggu lagi pelaksanaan.

"Masih ada waktu dua minggu lagi pelaksanaannya untuk mencapai target 100 persen. Karena sempat terhenti pelaksanaan, penambahan waktu akan dilakukan," kata Rafiq Selasa (18/9/2018).

Dia mengatakan, agar masyarakat jangan khawatir akan keamanan dari pemberian imunisasi MR itu. Pasalnya MUI Pusat sudah mengambil sikap bahwa pemberian imunisasi MR diperbolehkan karena hukumnya darurat.

"Namun kita tidak memaksa kepada masyarakat yang ingin melakukan imunisasi MR. Karena MUI pun sudah memperbolehkan karena dalam keadaan darurat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi menyampaikan, meski sedikit lambat namun mengalami kemajuan. "Sebanyak 21.921 anak yang sudah diberikan imunisasi MR atau 33.18 persen dari target 66.075," katanya

Pelaksanaan MR ini bertujuan untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella di tahun 2020. Dimana untuk memutuskan transmisi penularan virus MR ini, serta menurunkan angka kesakitan campak dan rubella dan menurunkan angka kejadian Conginental Rubella Syndroma (SCR).

"Penyelengaraannya MR pada Agustus untuk anak sekolah PAUD, SD, SMP dan SMA yang usianya 15 tahun. Sementara pada September untuk anak bayi dan balita yang belum sekolah dengan pelayanan di Posyandu, Pustu, Puskesmas, Rumah sakit dan di 694 pos-pos kesehatan di Karimun," kata Rachmadi.

Editor: Yudha