Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Olahraga Sebelum Tidur Bermanfaat untuk Mengurangi Stres
Oleh : Redaksi
Senin | 17-09-2018 | 13:40 WIB
wanita-olahraga1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Olahraga sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Ada beragam jenis olahraga yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Namun, tidak banyak yang mengetahui kalau olahraga sebelum tidur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, olahraga sebelum tidur bisa memberi manfaat yang lebih baik untuk kesehatan dibanding olahraga di pagi hari. Mengutip laman DailyHunt, berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga sebelum tidur.

1. Meredakan stres
Olahraga sebelum tidur bermanfaat bagi kesehatan mental, karena membuat otak lebih kuat dan lebih sehat. Bahkan dapat membantu Anda untuk menangani stres dengan lebih baik. Aktivitas fisik juga meningkatkan neurotransmitter yang disebut endorphin, yang membuat seseorang merasa lebih baik. Anda juga bisa mendapat dorongan dari norepinefrin, yang dapat membuat Anda lebih mudah untuk menghadapi emosi dan pikiran. Tentu saja, olahraga tidak akan sepenuhnya menghilangkan stres, tetapi akan membantu menghadapi stres dengan cara yang lebih sehat.

2. Mengurangi ketegangan
Duduk atau berdiri sepanjang hari akan membuat tubuh menjadi kaku. Leher, bahu, punggung, dan pinggul adalah tempat yang paling rentan menjadi kaku. Karena itu, olahraga sebelum tidur benar-benar dapat membantu, terutama bila melakukan olahraga yang fokus pada peregangan. Latihan yoga sangat bagus untuk melepaskan ketegangan otot dan persendian.

3. Membantu tidur
Olahraga dapat membantu tidur Anda lebih baik. Anda akan tidur lebih cepat karena perasaan cemas dan insomnia tidak akan menjadi masalah. Ini adalah salah satu dari sekian banyak manfaat dari berolahraga. Menurut National Sleep Foundation, olahraga paling pas dilakukan tiga jam sebelum tidur untuk memastikan tidur yang lebih nyenyak.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha