Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Famtrip Asita Goes to Johor Bahru Malaysia 2018

Asita Siap Dukung Industri Pariwisata Johor Bahru Malaysia
Oleh : Saibansah
Sabtu | 15-09-2018 | 11:16 WIB
ketum-asita-bahar.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua ASITA, Asnawi Bahar saling memberi cindera mata dengan Direktur Tourism Johor, Abdul Malik Bin Haji Ismail. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Johor Bahru - Para pengusaha agen wisata di Indonesia yang tergabung dalam Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) bersiap mensupport perkembangan industri pariwisata Johor Bahru Malaysia. Komitmen itu disampaikan oleh Ketua Umum Asita, Asnawi Bahar saat menghadiri forum Buyer Meet Seller di Hotel Doble Tree, Johor Bahru Malaysia, Jum'at (14/9/2018).

 

Para pengusaha wisata Indonesia ingin memperkuat kerja sama industri pariwisata dengan Johor, Malaysia. Selain mengenal lebih dekat destinasi kedua negara, Indonesia dan Johor juga berkomitmen meningkatkan kunjungan wisman di kedua negara.

Ketua ASITA, Asnawi Bahar mengatakan, sepanjang tahun 2017 lalu, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Johor, Malaysia, sebanyak 1,2 juta orang dari target kunjungan wisman 7 hingga 8 juta wisman per tahun.

"Ini jumlah yang cukup besar. Angka tersebut bahkan bisa meningkat sepuluh persen dari tahun lalu. Dan sebaliknya, harapan kami kunjungan wisman Johor ke Indonesia juga meningkat di tahun 2018 ini," ujar Asnawi Bahar di Johor Bahru, Malaysia.

Sementara itu, Direktur Tourism Johor, Abdul Malik Bin Haji Ismail mengatakan, pihaknya sudah menyelenggarakan tiga kali pertemuan antara pengusaha agen wisata Indonesia yang tergabung dalam Asita. Ini adalah pertemuan dengan Asita yang ketiga, dengan jumlah peserta Famtrip terbanyak, yaitu 106 orang. "Sebelum ini Famtrip dengan Asita Kepri yang dilanjutkan dengan Famtrip Asita Sumatera Utara," ujar Abdul Malik Bin Haji Ismail.

Baca: Johor Tourism Sambut Hangat Delegasi ASITA Batam

Dengan mempererat kerjasama antara Asita Indonesia dengan Tourism Johor diharapkan jumlah wisman asal Indonesia yang akan berkunjung ke Johor Bahru Malaysia akan terus menngkat.

Selama ini, wisman asal Johor yang berkunjung ke Indonesia saat ini terbanyak berkunjung ke Batam, termasuk daerah-daerah lainnya seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Pada 2017 lalu, jumlah kunjungan wisman ASEAN ke Indonesia mencapai 14 juta orang.

"Sebanyak 25 persen dari jumlah tersebut berasal dari Malaysia. Tahun ini kami targetkan kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 18 juta orang. Dan 40 persen dari jumlah tersebut kita targetkan berasal dari Malaysia," ujar Asnawi.

Baca: Tahun Ini, Johor Bidik Dua Juta Wisatawan Indonesia

Berbagai tujuan destinasi wisata baru di kedua negara juga dibuka untuk menarik sebanyak-banyaknya wisman. Dalam kunjungannya selama tiga hari ke Johor, rombongan Asita berjumlah sekitar 100 orang berkunjung ke beberapa destinasi wisata.

Diantaranya, kawasan wahana rekreasi dan bermain Legoland, Hello Kitty The Lost Chapter, wisata medis ke Kumpulan Perubatan Johor (KPJ), dan Gleneagles Medini Hospital. Rombongan juga ke Stadion Club Football Tiger, Ramada, Desaru Coast Adventure Waterpark, dan Lotus Desaru Beach Resort & Spa, serta destinasi lainnya.

"Dari kunjungan ini nantinya kita bisa mengemas paket wisata untuk menarik kunjungan wisman Indonesia ke Johor, begitupun sebaliknya pihak Johor Tourism membantu mengenalkan destinasi wisata yang ada di Indonesia," ujarnya.

Dalam kegiatan Jemputan ke Program Buyer Meet Seller, Asita sekaligus mempromosikan beragam destinasi wisata di Indonesia kepada warga Malaysia.

"Kami mengenalkan beberapa destinasi kepada calon buyer. Khusus di Kepri, kami mengenalkan beberapa destinasi. Di antaranya Pulau Abang, Rano Island, Pulau Bawah (Anambas), Kampung Teri Nongsa (Batam), Jembatan Barelang (Batam), dan Pulau Natuna," ujar Hanny, Wakil Sekretaris Asita Batam.

Editor: Dardani