Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

28 Calon Prajurit TNI AL Ikut Pantukhir di Lantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 15-09-2018 | 09:28 WIB
pantukhir-28.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksma TNI Eko R Suyatno saat memipin Pantukhir 28 Calon Prajurit TNI AL di Mako Lantamal IV. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melaksanakan penilaian Pantauan Akhir (Pantukhir) Daerah terhadap 28 orang Calon Prajurit TNI Angkatan Laut, yang melakukan pendaftaran di Panitia Daerah (Panda) Tanjungpinang. Pantukhir itu dilaksanakan di Aula Yos Sudarso Markas Komando Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jumat (14/9/2018).

Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno mengatakan, sebagai salah satu fungsi strategis, kegiatan ini merupakan momen penting untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk dibentuk dan dikembangkan menjadi prajurit yang professional bermoral dan berani.

"Karenanya, hanya prajurit yang memilki integritas dan komitmen serta jati diri yang kokoh yang dapat meningkatkan performa TNI AL, di masa yang akan datang," ujar Eko, mengutip siaran pers Dispen Lantamal IV Tanjungpinang.

Menurutnya, pantukhir ini merupakan seleksi tahap akhir yang harus dilalui seluruh calon dan setelah dinyatakan lolos oleh Panda Tanjungpinang selanjutnya akan diberangkatkan mengikuti seleksi tingkat pusat di Lembaga Penyedian Tenaga Angkatan Laut Malang.

"Bagi yang lulus maka akan mengikuti seleksi tingkat pusat di Malang," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Daerah (Panda) Tanjungpinang Aspers Danlantamal IV Kolonel Laut (KH) Dede Komarudi membacakan laporan pelaksanaan selama proses seleksi Calon Prajurit TNI AL tahun 2018 Gelombang II mengatakan, ke-28 Calon Prajurit TNI Angkatan Laut yang mengikuti seleksi penerimaan tahap II ini terdiri dari Calon Bintara Pria 13 orang, Calon Bintara Wanita 5 orang dan Calon Tamtama 10 orang.

"Sebelum sampai ketahap Pantukhir para calon telah melewati beberapa tahapan seleksi mulai dari administrasi, kesehatan tahap I dan II, kesemaptaan jasmani, mental idiologi dan psikologi," katanya.

Pantukhir tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Asintel dan Aspers Danlantamal IV, Kadiskes serta Kadisminpers Lantamal IV.

Editor: Gokli