PKP

Rafiq Optimis Karimun Raih Juara Toga Tingkat Nasional
Oleh : Wandy
Jum\'at | 14-09-2018 | 09:28 WIB
tim-kemenkes.jpg honda-batam
Tim dari Kemenkes saat melakukan penilaian Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Tim Kementerian Kesehatan mengunjungi Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur Kunyit Asam, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Tim tersebut akan melakukan penilaian secara administrasi terkait kelengkapan-kelengkapan dari Kelompok Asuhan Mandiri Toga dan Akupresur Kunyit Asam.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq optimis Toga dan Akupresur Kunyit Asam, Kelurahan Harjosari ini mendapat juara di tingkat nasional. Sebab, pada tahun lalu Kabupaten Karimun memperoleh juara 3 dalam skala nasional pada saat itu di Selat Mendaun.

"Setidaknya kita belajar dari pengalaman pertama yang mendapat juara 3. Di mana tim penilai telah melakukan penilaian, kita selalu optimis dan semoga kita bisa raih juara pertama," kata Rafiq, Kamis (13/9/2018).

Rafiq meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun untuk memberikan reward dalam bentuk pembinaan kepada kelompok-kelompok usaha mandiri ini. "Agar mereka dapat mengembangkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Sehingga tanaman obat keluarga ini dapat dipasarkan dan bermanfaat buat orang banyak," kata Rafiq.

Sementar untuk Kelompok Asuhan Mandiri di Kabupaten Karimun ada 7 kelompok di bawah binaan Puskesmas. Dan setiap kecamatan serta desa juga ada. "Tetapi yang layak untuk penilaian salah satunya Kelompok Asuhan Mandiri Toga dan Akupresur Kunyit Asam, Kelurahan Harjosari," katanya.

Kampung Toga Kunyit Asam juga telah memproduksi jamu yang telah dipasarkan. Bahkan Bupati juga telah mengeluarkan surat edaran untuk meminum jamu tersebut.

"Hidup sehat dengan minum jamu dan itu akan membantu kelompok-kelompok asuhan mandiri ini," tutupnya

Editor: Gokli