PKP

Disaksikan Presiden Jokowi, Go-Jek Resmi Beroperasi di Vietnam dengan nama Go-Viet
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 14-09-2018 | 08:40 WIB
goViiet.jpg honda-batam
Go-Viet, angkutan transportasi online Go-Jek di Vietnam

BATAMTODAY.COM, Hanoi - Mimpi CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, untuk membawa perusahaan teknologi itu mendunia pelan-pelan mulai terealisasi. Pada Rabu (12/9/2018) Go-Jek resmi meluncurkan layanan transportasi serupa, namun menggunakan nama Go-Viet di Vietnam.

Presiden Joko Widodo menjadi saksi peresmian operasional layanan Gojek di Vietnam, Go-Viet. Jokowi menyempatkan peresmian operasional Go-Viet di tengah kunjungan kenegaraan World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam.

Ada yang unik dalam peresmian Go-Viet di Vietnam yang disaksikan oleh Jokowi. Pendiri Gojek, Nadiem Makarim mengenakan jaket Gojek khas yang berwarna hijau bersama dengan pria berseragam Go-Viet yang dominan dengan warna merah. Turut juga mendampingi Jokowi, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Menteri yang akrab disapa RA itu mengucapkan selamat atas go internasional Gojek.

Grand launching yang digelar kemarin, Nadiem menyebut di Vietnam, Go-Viet baru beroperasi di dua kota yakni Hanoi dan Ho Chi Min City. Di Vietnam, perusahaan Go-Viet dipimpin oleh warga lokal bernama Duc Nguyen.

Lalu, layanan apa saja yang terdapat di Go-Viet? Usai Vietnam, kira-kira negara mana lagi yang akan dibidik oleh Nadiem untuk berekspansi?

Menurut Nguyen, Go-Viet baru memiliki dua jenis layanan yakni Go-Bike dan Go-Send. Namun, ke depan, layanan itu akan diperluas yakni Go-Car, Go-Food dan Go-Pay. Ia berharap dengan kehadiran Go-Viet bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Vietnam.

"Generasi muda Vietnam mengembangkan teknologi keuangan digital. Bersama-sama membangun kesejahteraan dan kualitas hidup Vietnam. Saat ini, memanfaatkan teknologi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian, makanya kami memutuskan untuk menjadi mitra Go-Jek," ujar Nguyen di Hotel Melia Hanoi kemarin

Walaupun baru diluncurkan soft launching enam pekan lalu, tapi antusiasme warga Vietnam begitu tinggi terhadap aplikasi Go-Viet. Terbukti aplikasi tersebut sudah diunduh sebanyak 1,5 juta kali.

CEO dan Co-Founder Go-Viet, Duc Nguyen optimistis bisa mencatat jumlah perjalanan yang lebih banyak lagi, karena masyarakat bisa memanfaatkan layanan Go-Viet secara baik. Selain itu, Go-Viet juga menawarkan peluang dan akses tambahan bagi warga lokal.

Editor: Surya