PKP

Hasil Kerajinan Warga Letung Jadi Cenderamata Khas Anambas bagi Wisatawan
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 13-09-2018 | 19:16 WIB
kapal-mini-1.jpg honda-batam
Miniatur kapal, hasil kerajinan tangan warga Kampung Baru, Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Miniatur perahu hasil kerajinan tangan warga Kampung Baru, Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi cendramata wisatawan lokal maupun internasional.

Cenderamata tersebut hasil karya seorang warga bernama Topan. Cenderamata tersebut diyakini untuk mengingatkan wisatawan bahwa telah mengunjungi Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pasalnya, perahu merupakan lambang Kabupaten Kepulauan Anambas yang dibentuk sesuai Undang Undang nomor 33 tahun 2008. Yang bermakna alat transportasi tradisional antar pulau dan alat untuk mencari nafkah masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang pada umumnya sebagai nelayan.

"Saya bersyukur, hasil kreatif (miniatur) ini menjadi cendramata bagi wisatawan lokal maupun internasional. Kalau wisatawan ngomong, miniatur perahu itu akan mengingatkan atau sebagai kenangan setelah mengunjungi Anambas. Ternyata selain keindahan alam, ada juga cenderamata khas Anambas," kata Topan, meniru perbincangan wisatawan yang membeli miniatur perahu tersebut.

Hasil kerjaninan tangan yang sudah digeluti Topan selama kurang lebih dua tahun itu, dihargai Rp200.000 hingga Rp1.000.000. Jenis miniatur juga terdiri dari perahu, masjid dan rumah. "Hasilnya cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," akunya.

Topan mengakui, bahan untuk membuat miniatur perahu lebih banyak digunakan dari kayu dan kaleng bekas. Sementara untuk pembuatannya butuh waktu 5 hari.

"Mudah-mudahan, kerajinan tangan ini semakin dilirik. Saya juga berharap industri pariwisata Anambas semakin berkembang," ucapnya.

Editor: Gokli