Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Angka Kecelakaan, Masyarakat Kembali Diminta Lebih Waspada Berkendara
Oleh : Romi Candra
Senin | 03-09-2018 | 18:04 WIB
kecelakaan1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi kecelakaan di Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam beberapa hari terakhir, kecelakaan kerap terjadi di jalan raya Batam. Berbagai faktor dapat mempengaruhinya, mulai dari kondisi saat berkendara tidak stabil hingga dan lain sebagainya.

Kanit Laka Satlantas Polresta Barelang, Ipdu Efendi Marpaung, sangat mengimbau kepada masyarakat untuk bisa meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara.

"Kecelakaan di jalan raya tentunya tidak diinginkan oleh siapapun. Namun sayangnya masih banyak pengendara yang tidak menghiraukan aturan berkendara, sehingga kecelakaan itu akhirnya terjadi," ujarnya, Senin (3/9/2018).

Dijelaskan, beberapa faktor yang dapat menyebabkan kecelakaan seperti, berkendara sambil telepon, SMS-an, makan dan minum, berkendara terlalu cepat sehingga sulit memberikan reaksi jika terjadi sesuatu dan tidak memperhatikan marka jalan.

Faktor lainnya yang menjadi penyebab utama kecelakaan adalah menerobos lampu merah, emosi tidak stabil dari pengemudi yang umumnya masih remaja, serta perilaku melawan arus yang menyebabkan kecelakaan fatal karena kendaraan lain datang dari arah berlawanan.

"Selain itu, berbelok tanpa melihat kondisi jalan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, balapan liar dan modifikasi kendaraan yang tidak sesuai aturan juga menjadi faktor utama kecelakaan," jelasnya.

Karena itu lanjutnya, masyarakat seyogyanya harus bisa memperhatikan hal-hal yang dapat menimbulkan kecelakaan sebelum berkendara.

"Kita terus mengupayakan untuk menekan kecelakaan. Namun semua itu bisa terlaksana jika pengendara itu sendiri sudah menyedari pentingnya berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas," lanjut Efendi.

Disamping itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar segera menghubungi pihak kepolisian jika nelihat adanya kecelakaan, sehingga bisa langsung diatasi.

"Terkadang kami memiliki kesulitan dalam menyelidiki penyebab kecelakaan karen warga yang tidak mau memberikan informasi. Kami juga berharap adanya CCTv lebih banyak di jalan raya, sehingga dapat membantu penyelidikan untuk mengatahui penyebab kecelakaan itu sendiri," pungkasnya.

Editor: Dardani