Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bentuk Unit Baru, Cikal Bakal Pengembangan Ekonomi Kreatif BP Batam
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 22-08-2018 | 09:28 WIB
bambang-deputi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memiliki unit tugas baru. Tugasnya tidak hanya untuk mengembangkan pariwisata di Batam.

"Namanya nanti bukan biro pariwisata. Tetapi Biro Pengembangan Ekonomi Kreatif," ujar Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, Rabu (22/08/2018).

Nantinya, unit tugas baru ini akan berada di salah satu kedeputian di BP Batam. Soal realisasinya, Bambang belum bisa memastikan kapan waktunya.

Mengingat saat ini, BP Batam juga masih menunggu undangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Itu terkait rapat lanjutan pembentukan unit tugas baru ini.

"Kami masih menunggu undangan dari KemenPANRB untuk rapatnya. Sebelumnya, kami sudah beberapa kali membahas soal ini dengan Kemenko Perekonomian dan Kemen PANRB," sambungnya.

Isi pertemuan itu, lebih ke tugas pokok unit baru tersebut. Semula rencananya akan diberi nama biro pariwisata. Berikut fungsi dan strukturnya. Kemudian dari hasil pertemuan tersebut, disarankan diubah menjadi biro pengembangan ekonomi kreatif.

Di sisi lain, Bambang tak ambil pusing dengan adanya pergantian menteri di KemenPANRB. Ia tetap optimistis unit tugas baru bisa terealisasi.

"Kan di bawah-bawah (Menteri) masih ada," kata Bambang.

Ia melanjutkan, pembentukan unit baru ini didasari amanah Undang-Undang (UU) nomor 36 tahun 2000 terkait Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Untuk mengoptimalkan pariwisata Batam perlu membentuk unit khusus yang menangani terkait pariwisata dan hal lainnya yang memiliki potensi untuk penggerak ekonomi Batam.

"Jadi kegiatan yang akan kami lakukan ini mendukung kegiatan pariwisata dan lainnya di Pemko Batam untuk masyarakat," terangnya.

Editor: Gokli