Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Penyaji Tarian Terbaik se-Sumatera
Oleh : Redaksi
Selasa | 21-08-2018 | 18:16 WIB
tari-suku-laut.jpg Honda-Batam
Sanggar Seni Sanggam yang mewakili Kepri pada ajang Parade Tari Nusantara 2018 ke-37, berhasil meraih gelar Penyaji Terbaik se-Sumatera. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepri boleh berbangga diri. Sanggar Seni Sanggam yang mewakili Kepri pada ajang Parade Tari Nusantara 2018 ke-37, berhasil meraih gelar Penyaji Terbaik se-Sumatera.

Total Kepri membawa pulang empat piala dari ajang tersebut. "Sanggar Seni Sanggam membawakan tarian bertajuk Perkawinan Atas Gelombang, dengan penata tari oleh Sunardi," ujar Pepy Candra, Pembina Pusat Latihan Seni Sanggam, Senin (20/8/2018), seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Pepy menjabarkan tarian tersebut menceritakan adat perkawinan suku laut di kepulauan Riau. Memiliki tahapan prosesi adat yang dulunya harus dilalui bagi seorang pria saat akan menikahi perempuan suku laut.

Di antaranya harus memiliki sampan, serampang, dan kajang sebagai simbol kesiapan menjadi kepala keluarga. Kemudian prosesi ini akan dilanjutkan dengan berhanyut dan berkayuh ke tengah laut yang menandakan bahwa pasangan ini siap menempuh arus kehidupan.

Jika sampai ke pulau yang ditentukan maka sah sebagai suami istri. "Pola gerak inang dan joget menjadi dasar pijakan pengembangan gerak pada karya ini," tambah Pepy.

Untuk tarian tersebut Kepri juga meraih gelar Penata Tari Unggulan. Musik yang diaransemen oleh Adi Lengkepin dan Ryan juga meraih gelar Penata Musik Unggulan.

Penari Aldy, Ryan, Halim, Zulkarnaen, Hery, Saskia, Deby, Oja, Sari, Nadia dan Indah juga berhasil membawa Kepri termasuk dalam 13 Penyaji Terbaik. Sanggam terpilih mewakili Kepri dengan sebelumnya melalui seleksi di tingkat Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri.

Editor: Gokli