Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabel Lampu Traffic Linght Simpang Jam Dicuri, Polisi Lakukan Rekayasa Arus Lalulintas
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 21-08-2018 | 15:16 WIB
simp-jam1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Traffic light di Simpang Jam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Satlantas Polresta Barelang, terpaksa melakukan rekayasa arus lalu lintas di kawasan Simpang Jam. Hal tersebut terpaksa dilakukan dikarenakan adanya informasi mengenai pencurian kabel lampu traffic light, yang dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Pantauan di lokasi, rekayasa arus lalu lintas terlihat dilakukan petugas hingga pukul 14.30 WIB, Selasa (21/8/2018) siang. Para pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat, dari arah Tiban terpaksa harus memutar arah dari depan kawasan Dataran Madani, yang berada di depan Perumahan Palm Spring. Apabila ingin menuju arah simpang Kepri Mall, begitu juga dengan para pengemudi dari kawasan Batam Center, harus terlebih dahulu memutar arah di U-Turn seberang Rumah Sakit Awal Bros Batam, apabila ingin menuju Simpang Indomobil Baloi.

Sementara untuk para pengemudi yang berasal dari arah Simpang Kepri Mall, juga terpaksa memutar arah di U-Turn seberang RSAB Batam. Untuk melanjutkan perjalanan menuju Batam Center, atau menuju yang sebelumnya hanya tinggal berbelok setelah Traffic Light Simpang Jam. Hal tersebut juga berlaku bagi para pengendara dari arah Simpang Indomobil, Baloi yang ingin menuju Tiban. Terpaksa harus memutar balik di kawasan Dataran Madani terlebih dahulu.

Guna menciptakan rekayasa arus lalu lintas tersebut, terlihat petugas kepolisian menggunakan tali dan juga Police Line. Sementara itu, hingga saat ini masih belum terlihat adanya petugas dari Dinas terkait yang akan melakukan perbaikan di Traffic Light tersebut.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang Ipda Frediano saat dikonfirmasi, mengatakan sejauh ini anggotanya melakukan rekayasa arus lalulinta agar tidak terjadi kemacetan di kawasan tersebut. Apalagi kawasan itu menjadi salah satu pusat lalu lintas di Kota Batam

"Kami mendapat informasi kalau kabel Traffic Light itu dicuri orang. Makanya kita lakukan rekayasa lalulintas agar tifak terjadi kemacetan," ujarnya.

Pihak kepolisian mengambil langkah dengan cara membentangkan tali di bawah Fly Over. Jadi kendaraan yang datang dari kawasan Baloi menuju Simpang Glael harua lurus saja begitu juga sebaliknya.

Sementara itu, terkait hilangnya kabel Frediano meminta awak media untuk menanyakan langsung kepada pihak Dinas Perhubungan Kota Batam.

"Untuk lebih jelasnya bisa tanyakan langsung ke pihak Diahub. Apa langkah mereka selanjutnya," tegasnya.

Editor: Yudha