Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Kelt-9b, Planet Terpanas di Dunia yang Dikenal sebagai Planet Neraka
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-08-2018 | 16:04 WIB
Planet_Neraka.jpg Honda-Batam
Planet Neraka sebutan bagi Planet Kelt-9b yang dikenal sebagai planet yang begtu panas

BATAMTODAY.COM - Planet ekstra surya yang dikenal sebagai Kelt-9b adalah planet yang begitu panas, sehingga atmosfernya mengandung besi dan titanium yang menguap. Dunia neraka ini terletak pada jarak 650 tahun cahaya di konstelasi Cygnus.

Planet ini 30 kali lebih dekat dengan bintangnya, daripada Bumi ke Matahari dan melihat suhu permukaannya melebihi 4,000 C. Planet ini telah diamati oleh tim astronom dengan menggunakan Teleskop Nasional Galileo di La Palma, Kepulauan Canary.

"Temperaturnya begitu gila meskipun planet itu memiliki atmosfer bintang," kata rekan penulis studi Profesor Kevin Heng dari Universitas Bern. "Pelajaran utama yang eksoplanet ajarkan adalah kita tidak bisa hanya melihatnya di tata surya . Ada hal-hal aneh di luar sana." kata Heng.

Sementara planet khusus ini mungkin adalah salah satu tempat terburuk untuk mencari bukti kehidupan, teknik yang digunakan untuk mengamatinya pasti akan memainkan peran penting dalam mencari kehidupan di dunia lain.

"Planet-planet panas ini adalah tempat pengujian untuk teknik yang akan kita gunakan ketika planet yang benar-benar menarik mulai muncul selama beberapa tahun ke depan," kata Heng.

Semoga saja, suatu saat nanti benar-benar akan ditemukan planet sebagai pengganti Bumi.

Sumber: Viva.co.id

Editor: Surya