Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UII, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-08-2018 | 15:32 WIB
UII.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Universitas Islam Indonesia (UII)

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - Hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi Non-Vokasi 2018 Kemenristekdikti, menempatkan Universitas Islam Indonesia (UII) peringkat tertinggi untuk perguruan tinggi swasta di Indonesia. Rektor UII, Fathul Wahid menilai, konsistensi UII dalam raihan prestasi merupakan hasil kerja keras dan doa segenap sivitas akademika UII.

"Namun, capaian itu bukan tujuan utama. Lebih dari sekadar capaian pemeringkatan, UII bertekad mendidik cendekiawan dan pemimpin bangsa. Peringkat itu berkah karena UII mengerjakan tugasnya," kata Fathul, Minggu (19/8/2018).

Terdapat lima klaster yang mengelompokkan sebanyak 2010 perguruan tinggi non vokasi di seluruh Indonesia. Pengklasteran didasarkan penilaian dari lima komponen parameter. Ada kualitas sumber daya manusia, kelembagaan, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian pemberdayaan masyarakat, serta inovasi. Skor dari kelima komponen dijumlahkan dan hasil akhirnya jadi acuan pemeringkatan perguruan tinggi.

Data yang digunakan sebagai acuan Kemenristekdikti bersumber dari beberapa Dirjen. Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Kelembagaan, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, dan Ditjen Penguatan Inovasi.

Klaster satu terdapat 14 perguruan tinggi yang ada di dalamnya dengan skor 3.06, klater dua berisi 72 perguruan tinggi dengan skor 1.96, dan klater tiga 299 perguruan tinggi dengan skor 1.26.

Sedangkan, klaster empat berisi 1.470 perguruan tinggi dengan skor 0.63, dan klaster lima berisi 155 perguruan tinggi dengan skor 0.10. Klasifikasi telah dilakukan sejak 2015 dan diumumkan tiap 17 Agustus setiap tahunnya.

Peringkat UII dalam klasterisasi dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan berkelanjutan, yang pada 2017 menempati peringkat 41 nasional. Pada 2016, UII meraih predikat perguruan tinggi swasta terbaik tingkat nasional.

Editor: Surya