Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sirine Keras Awali Peringatan Proklamasi di Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 17-08-2018 | 16:52 WIB
sirene-lingga11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Proses upacara HUT RI ke-73 di Kabupaten Lingga. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Bunyi sirine keras mengawali peringatan detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Lingga, Jumat (17/8/2018). Sirine ini dibunyikan selama lebih kurang satu menit, tepat di pukul 10.00 WIB sebelum upacara dimulai.

Pantauan di lapangan, saat dibunyikan, gaung dari sirine itu membuat suasana menjadi hening seketika. Para undangan mulai dari para vetaran pejuang Kemerdekaan RI di daerah, Wakil Bupati Lingga, Ketua DPRD, Kapolres Lingga, Lanal Dabosingkep, TNI AD, Polsek Daik, anggota dewan Kabupaten Lingga serta jajaran Pimpinan OPD Pemkab Lingga dan beberapa tamu VIP daerah Kabupaten Lingga terlihat khusuk mendengarkan. Termasuk dengan para peserta barisan upacara.

Usai berbunyi, peringatan Detik-detik Proklamasi langsung dilanjutkan dengan melaksanakan upacara. Upacara digelar di lapangan bola Sultan Mahmud Riayat Syah III.

Bupati Lingga Alias Wello bertindak sebagai Inspektur dalam upacara ini. Pada prosesnya, upacara dimulai dengan membacakan teks proklamasi terlebih dahulu.

Teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Lingga, Riono. Setelah itu ditutup dengan pembacaan doa oleh perwakilan Kemenag Lingga.

Meski cuaca cukup panas, upacara berlangsung lancar dan khidmat. Upacara juga semarak karena diisi penampilan drama oleh salah satu sekolah yakni SMKN 2 Lingga. Drama yang ditampilkan adalah memperilhatkan perjuangan pahlawan dalam melawan penjajahan Belanda yang dikemas dengan sangat manis dan berkesan.

Bupati Lingga Alias Wello pun memuji penampilan sosial drama tersebut.

"Penampilan drama ini sangat bagus sekali dan sangat kreatif dan sangat mengingatkan kita pada awal kemerdekaan kita dulu," kata Awe, sapaan akrab Bupati Lingga.

Sementara itu dalam memaknai Hari Kemerdekaan ini, dia mengajak seluruh elemen baik lapisan masyarakat dan juga instansinya untuk bersinergi mensukseskan pembangunan khususnya di Kabupaten Lingga.

"Semua harus kerja bersama dalam menyukseskan pembangunan di Lingga khususnya," ajak Alias Wello.

Editor: Gokli