Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sepekan Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Stabil dan Komoditi Cabai Turun
Oleh : Harjo
Kamis | 16-08-2018 | 10:52 WIB
survei-pasar.jpg Honda-Batam
Pemkab Bintan saat melakukan survei pasar beberapa waktu lalu. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Harga daging sapi awal pekan ini terpantau masih stabil. Bahkan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan memprediksi harga daging sapi tidak akan beranjak naik terlalu tinggi hingga Hari Raya Idul Adha pada 22 Agustus 2018 mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan, Khairul menjelaskan, harga daging yang disurvey di pasaran dalam waktu dekat masih belum berubah.

"Daging sapi masih stabil (harganya). Daging sapi segar di kisaran harga Rp140 ribu per Kg turun Rp10 ribu dibandingkan bulan lalu sebesar Rp150 ribu per Kg, sedangkan daging sapi beku masih diharga Rp95 ribu per Kg," ujarnya di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan, Rabu (15/8/2018).

Dirinya bahkan memprediksi, harga daging sapi tidak akan beranjak naik terlalu tinggi pada saat Idul Adha, dikarenakan saat ini kondisi daya beli serta permintaan daging di pasaran juga sedang lesu.

"Diprediksi kondisi harga sepekan mendatang akan stagnan, artinya kalaupun berubah maka tidak akan naik terlalu tinggi, karena permintaan daging di pasaran juga tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Berbeda dengan daging sapi, daging ayam dan telur mengalami kenaikan harga walaupun dengan kisaran harga yang tidak terlalu tinggi. Daging ayam berada di kisaran harga Rp43.000 per Kg naik Rp3 ribu dibandingkan harga bulan lalu sebesar Rp40.000 per Kg.

Sedangkan telur ayam berada diharga Rp1.500 per butirnya naik Rp100 dari bulan lalu sebesar Rp1.400 per butirnya.

"Namun kondisi cabai di pasaran saat ini mengalami penurunan harga yang cukup besar dibandingkan bulan lalu. Cabai merah berada diharga Rp40 ribu per Kg turun Rp10 ribu dibandingkan bulan lalu Rp50 ribu, cabai hijau berada di Rp32 ribu per Kg turun Rp8 ribu per Kg dibandingkan bulan lalu Rp40 ribu lalu, cabe rawit berada di kisaran harga Rp38 ribu per kilonya turun Rp12 ribu dibandingkan bulan lalu sebesar Rp50 ribu per Kg," tutupnya.

Editor: Gokli