Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FKPT Kepri Gelar Sosialisasi Tangkal Radikalisme dan Terorisme
Oleh : Wandy
Rabu | 15-08-2018 | 17:16 WIB
tangkal-radikalisme.jpg Honda-Batam
Penguatan penguatan kapasitas penyuluhan agama dalam menghadapi radikalisme. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Kepri menggelar kegiatan penguatan kapasitas penyuluhan agama dalam menghadapi radikalisme, yang dilaksanakan di Hotel Aston Karimun, Rabu (15/8/2018).

Ketua FKPT Kepri yang diwakili oleh Sekretaris FKPT Kepri Eka Saputra mengatakan, bahwa pasca reformasi yang ditandi dengan terbukanya keran demokratisasi yang menjadi lahar subur tumbuhnya kelompok radikal.

"Bahkan dalam skala yang lebih ekstrim telah menjadi gerakan anti non muslim secara global mengatasnamakan agama Islam," kata Eka.

Menurut Eka Saputra, pencetus radikal ini, biasanya lahir dari berbagai sumber, seperti ekonomi, politik, dan sosial. "Untuk itu keterlibatan semua pihak dalam menangani masalah radikal dan teroris sangat kita harapkan," kata dia.

Oleh karena itu, apabila semua pihak ikut menangani kasus tersebut, dengan artian untuk mempersempit ruang gerak radikalisme dan terorisme.

Sementara itu, BNPT Letkol Laut Setiyo Pranowo mengatakan, terorisme ini memang sangat berbahaya bagi kita semua. Untuk itu dalam menghadapi Radikalisme masyarakat sangat berperan penting dalam pencegahan.

"Perlu kita pahami juga bahwa ancaman terorisme bukan hanya terletak pada aspek serangan fisik saja melainkan propaganda secara masif yang menyasar pada pola pikir dan pandangan masyarakat itu lah yang lebih berbahaya," jelasnya

Dia juga mengatakan, kelompok teroris yang meresahkan ini mengatasnamakan diri mereka sebagai Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS).

"Pengaruh ISIS ini bernuansa kekerasan, permusuhan, penghasutan, dan ajakan untuk bergabungpun telah banyak menyasar ke masyarakat. Terlebih sasaran target mereka adalah kalangan generasi muda," katanya

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Dandim 0317/Tbk Letkol Arm Rizal Analdie, dari BNPT Pusat Letkol Laut Setiyo Pranowo, Kemenag Provinsi Toufik Hidayatullah, FKPT Provinsi Eka Saputra, Kasat Binmas AKP Eri man dan sekitar 100 peserta para pemuka agama se Kabupaten Karimun.

Editor: Dardani