Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meriahkan HUT RI ke-73, PSSI Anambas Gelar Pertandingan Sepak Bola Antar Desa
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 15-08-2018 | 14:04 WIB
sahtiar-anambas14.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua PSSI Anambas, Sahtiar. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Asosiasi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Cabang Kabupaten Kepulauan Anambas gelar pertandingan sepak bola antar desa di Lapangan Sulaiman Abdullah, yang dimulai pada 24 Agustus hingga 15 September 2018 mendatang.

Ketua PSSI Anambas, Sahtiar mengatakan pertandingan ini bersempena peringatan HUT RI ke-73 dan seleksi tim sepak bola yang akan mewakili Anambas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri 2018.

"Selain peringatan HUT RI, tujuannya untuk melakukan seleksi menghadapi Porprov Kepri. Dan juga kegiatan ini merupakan agenda rutin PSSI Kabupaten Kepulauan Anambas," kata Ketua PSSI Anambas, Sahtiar, Rabu (15/8/2018).

Sahtiar mengakui pelaksanaan pertandingan tersebut sengaja dilewatkan pada 17 Agustus. Pasalnya selama ini pertandingan sepakbola selalu libur 10 hari menjelang Upacara HUT RI.

"Biasanya kita menggelar pertandingan pada awal Agustus, sehingga menjelang Upacara HUT RI, pertandingan terpaksa diliburkan 10 hari," jelasnya.

Sahtiar menambahkan, tahun 2018 ada 35 desa yang telah mendaftar dan sudah cabut undi. Pertandingan tersebut biasanya hanya diikuti 5 kecamatan. Pasalnya, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur terkendala pada jarak.

"5 kecamatan saja yang selalu mendaftar, karena jarak tempuh masih lumayan dekat. Kalau dibandingkan dari Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, jarak tempuh sudah 6 jam lebih. Tentu ini yang menjadi pertimbangan. Dan saat ini ada 3 desa yang kena sanksi tak boleh mengikuti pertandingan selama dua tahun, karena melanggar peraturan pada pertandingan tahun 2017 lalu," ucapnya.

Dia menyinggung, 35 desa tersebut akan memperebutkan total hadiah Rp42,5 juta dengan rincian juara I Rp20juta, juara II Rp10juta, juara III Rp7,5juta dan juara harapan I Rp5juta.

"Selain itu mereka juga akan mendapat piagam penghargaan dan perlu digaris bawahi pendaftaran gratis. Kami juga mengimbau agar para pemain lebih mengutamakan sportifitas dan jangan memancing kegaduhan bagi para suporter," tutupnya.

Editor: Yudha