Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Tanjunguban Mulai Rawat Pasien Gangguan Jiwa Ringan
Oleh : Harjo
Selasa | 14-08-2018 | 15:52 WIB
instalasi-jiwa-uban1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ruang Instalasi Jiwa RSUD Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Menjawab kebutuhan perawatan untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) telah mengoperasikan gedung dan fasilitas pendukung instalasi jiwa.

Direktur RSUD Tanjunguban, dr Kurniakin menyampaikan, terhitung sejak tanggal 8 Agustus 2018 lalu, instalasi jiwa RSUD Tanjunguban mulai difungsikan. Hal tersebut, ditandai dengan masuknya pasien gangguan jiwa pertama ke instalasi jiwa.

"Sesuai dengan fasilitas yang dimiliki oleh instalasi jiwa RSUD Tanjunguban, maka pasien gangguan jiwa ringan yang saat ini kita rawat," ujar Kurniawan, Selasa (15/8/2018).

Dijelaskan, hingga hari ini, setidaknya sudah ada tiga pasien gangguan jiwa yang sudah mulai dirawat. Pasien tersebut ditangani satu orang dokter spesialis jiwa dan 9 perawatnya. Selain itu, dibantu juga dengan anggota satpam RSUD.

Ditanya masalah fasilitas untuk memaksimalkan di instalasi jiwa, menurutnya memang masih banyak yang perlu dilengkapi. Mulai dari kebutihan lokasi bermain pasien dan fasilitas lainnya, termasuk dengan mulai diterimanya pasien gangguan jiwa, secara otomatis dilakukan penambahan tenaga satpam.

"Sementara gedung yang kota fungsikan baru lantai dasar denagn fasilitas enam kamar. Ke depan dengan adanya penambahan fasilitas pendukung lainnya, maka akan pengoperasian lantai dua. Apabila sarana dan prasanan pendukungnya juga sudah memadai," katanya.

Editor: Yudha