Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Kirim 20 Pegawai Pelajari Sistem Investasi Di China
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 14-08-2018 | 15:04 WIB
bp-investor-cina1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pertemuan BP Batam dan Kedubes Cina untuk Indonesia. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, akan mengirimkan 20 pegawai guna mempelajari iklim investasi dan kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah Negara China. Hal ini disampaikannya, setelah menyambut kedatangan perwakilan Kedutaan Besar China untuk Indonesia, Senin (13/8/2018) sore.

Dari pertemuan tertutup tersebut, Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo menjelaskan perjanjian kerjasama yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah beasiswa pelatihan oleh Pemeritah Negara China. Nantinya para pegawai yang telah dipilih, akan mendapatkan pelatihan selama dua minggu.

"Mereka akan melihat langsung bagaimana industri di sana maju. Bagaimana kebijakan yang diberikan pemerintah di sana," ujarnya.

Lukita menambahkan, pelatihan tersebut akan sangat bermanfaat guna meningkatkan kapasitas pengetahuan para pegawai BP Batam. Diharapkan begitu mereka kembali ke Batam, dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat selama berada di negara tirai bambu tersebut.

Mantan Sekretaris Menko Perekonomian ini melanjutkan, pemberian beasiswa pelatihan tersebut, merespon permintaan BP Batam kepada pihak Kedutaan Cina di Indonesia. Rencananya tiga tahun berturut-turut akan ada program pelatihan yang diberikan Pemerintah Negara Cina kepada pegawai BP Batam. Senin, perwakilan dari Kedutaan Cina di Indonesia ini datang ke BP Batam. Ada sejumlah hal yang dibahas terkait kerjasama.

Dalam upaya meningkatkan investasi di Batam, Kedutaan Cina di Jakarta juga mendorong pelaku-pelaku usaha di Cina datang ke Batam. BP Batam akan coba merealisasikan agar pelaku-pelaku usaha itu bisa berinvestasi di Batam.

"Kita paparkan juga rencana pengembangan Batam. Baik di industri, ekonomi dan pariwisata. Ini supaya jadi pengetahuan, sehingga mereka akan mendukung langkah-langkah pengembangan potensi di Batam," lanjutnya.

Di bidang pariwisata, ia berharap ke depan akan lebih banyak lagi carter penerbangan dari kota-kota di Cina ke Batam. Kemudian bisa ditingkatkan menjadi penerbangan reguler. Dengan begitu diharapkan semakin banyak wisatawan dari Cina yang berkunjung ke Batam.

Editor: Yudha