Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bercanda Sebut Bawa Bom, Penumpang Lion Air Tujuan Bandara RHF Tanjungpinang Diamankan
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 14-08-2018 | 11:55 WIB
penumpang-pswt.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi penumpang pesawat di Bandara RHF Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seorang penumpang pesawat Lion Air GT 620 dari Bandara Sokarno Hatta tujuan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang terpaksa harus diamankan karena bercanda membawa bom.

Akibatnya, penerbangan Sukarno Hatta-Tanjungpianng dengan nomor penerbangan GT 620 dengan jumlah penumpang sebanyak 169 orang, yang seharusnya berangkat pukul 09.25 Wib, ditunda hingga pukul 10.54 Wib.

Airport Manager Lion Air RHF Tanjungpinang, Handoko Dwi Prasetio membenarkan hal tersebut. Penumpang itu langsung diamankan oleh aparat yang berada di Bandara Sokarno Hatta, Cengkareng.

"Pada saat proses boarding dan penumpang serta bagasi sudah masuk pesawat, tiba-tiba ada salah satu penumpang yang bercanda mengaku bawa bom ke salah satu pramugari pesawat," ungkap Handoko, saat ditemui di Bandara RHF Tanjungpinang, Selasa (14/8/2018).

"Namun, berdasarkan informasi yang kami peroleh semua penumpang tetap berangkat seluruhnya," tambahnya.

Mendapat informasi tersebut, seorang penumpang itu diamankan dan menurut SOP yang berlaku itu harus diproses, serta penumpang harus diturunkan kembali dan dilakukan scanning ulang. Setelah selesai baru boleh boarding lagi sehingga pesawat dapat berangkat.

"Ada dua jam penundaan akibat kejadian ini nantinya, saat ini pesawat suda boarding Pukul 10.54 WIB lagi di cengkareng dan akan lending di Tanjungpianng pukul 12.45 WIB," tutupnya.

Editor: Dardani