Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas U-16 Juara Piala AFF U-16 2018, setelah Hempaskan Thailand
Oleh : Redaksi
Minggu | 12-08-2018 | 09:04 WIB
timnas_u16_juara.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Timnas U-16 Juara Piala AFF U-16 Tahun 2018

BATAMTODAY.COM, Sidoarjo - Tim nasional Indonesia sukses menjuarai Piala AFF U-16 2018. 'Garuda Asia' mengalahkan Thailand lewat adu penalti usai berimbang 1-1 di waktu normal.

Dalam laga final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam WIB, laga bertempo tinggi berlangsung di babak pertama. Setelah sejumlah peluang kandas di awal pertandingan, Indonesia memetik keunggulan di menit ke-34.

Fajar Fathur Rachman mencetak gol yang bertahan sampai babak pertama tuntas.

Di babak kedua, Thailand mulai bermain lebih agresif. Tim 'War Elephants' pada prosesnya menyamakan kedudukan di menit ke-73 melalui Apidet Janngam.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak ini, kiper timnas U-16 Ernando Ari menjadi pahlawan dengan menepis dua tendangan pemain Thailand. Sementara empat penendang Indonesia mulus menjalankan tugasnya. Indonesia pun mengunci kemenangan dengan skor 4-3 di adu penalti.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, bangga dengan perjuangan para pemainnya. Menurut dia, 23 pemain yang dibawa ke turnamen Asia Tenggara itu memiliki kontribusi besar dengan capaian tim pada Piala AFF U-16 2018.

Secara khusus, Fakhri Husaini memuji kiper Ernando Ari Sutaryadi. Nando, begitu sang kiper biasa dipanggil, menjadi pahlawan kemenangan Timnas U-16 Indonesia pada laga final.

"Mengenai kegemilangan Nando, itu memang tugas kiper. Dia melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, mentalnya sudah sangat siap, tekniknya juga cukup bagus," ucap Fakhri usai pertandingan.

Menurut Fakhri, keberhasilan Timnas U-16 pada babak adu penalti tak lepas dari latihan yang selama ini dilakukan. Sempat unggul lebih dulu lewat Fajar Faturachman pada menit ke-32, Indonesia kebobolan oleh gol Apidet Janngam (71'). Skor 1-1 bertahan hingga laga berlanjut ke babak adu penalti.

Pada babak adi penalti, mental tanding anak muda Indonesia ini patut dipuji. Empat algojo Indonesia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand.

"Keberhasilan ini adalah hasil dari latihan. Bukan hanya soal Nando, tettapi juga eksekutor-eksekutor tadi, semua berbuah gol," kata dia.

"Tinggal Brylian (Aldama) yang jadi penendang terakhir tidak mengeksekusi (penalti), karena dua penendang mereka (Thailand) gagal. Kami pun sudah (memastikan) juara," tutur Fakhri.

Fakhri pun berterima kasih kepada suporter yang memberi dukungan penuh sepanjang turnamen. Fakhri menyebut suporter Indonesia punya andil besar terhadap capaian timnya.

"Dukungan suporter sangat luar biasa. Mereka punya andil besar juga terhadap capaian ini, baik yang hadir langsung di Sidoarjo, maupun pendukung timnas di mana pun berada," ucap Fakhri.

"Trofi Ini kami persembahkan kepada pendukung kami yang setia di mana pun berada," katanya.

Bagi Indonesia, gelar ini merupakan kali pertama yang diraih sejak turnamen Piala AFF U-16 diadakan per 2002.

Editor: Surya