Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rencana Pembentukan Badan Parawisata BP Batam Masih Digodok Kemenpan RB
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 11-08-2018 | 13:04 WIB
Ady-Soegiharto2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelaksana Harian Direktur Promosi dan Humas BP Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

?BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah kegiatan parawisata sudah dilakukan Badan Pengusahaan ?(BP) Batam dan sejumlah kegiatan lain akan digelar. Namun dalam perencanaan dan pengelolaannya, BP Batam melakukan melalui panitia yang dibentuk.

Sehingga, BP Batam tetap pada rencana pembentukan Badan Parawisata untuk mengelola lebih maksimal destinasi dan agenda parawisata.

Pelaksana Harian Direktur Promosi dan Humas BP Batam, yang juga Direktur PTSP BP Batam, Ady Soegiharto mengakui kalau saat ini, mereka serahkan kelanjutan biro itu ke pemerintah pusat. ?"Biro Parawisata masih digodok MenPAN (Pendayagunaan Aparatur Negara). Kita masih menunggu," kata Ady.

Penggodokan yang dilakukan di Kemenpan dan RB diakui, terkait aspek kelembagaan. Namun diharapkan, Kemenpan akan menyetujui usulan BP Batam itu, sehingga bisa memaksimalkan fungsi dalam mendukung parawisata di Batam.?

?"Sekarang Menpan menggodok aspek kelembagaan. Apabila diminta membantu (menjelaskan) mengenai ini kami juga siap bantu. Aspek pariwisata Batam sangat strategis," ujarnya. ??

???BP Batam mengajukan pembentukan Biro Parawisata ke pemerintah pusat. Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Dwianto Eko Winaryo? mengatakan, bagaimana mereka bersama-sama dengan Pemko membangun parawisata. "Jadi, kami justru membantu mendukung parawisata. Ini karena paling cepat untuk pemasukan negara, parawisata ini," sambungnya.

Sebelumnya Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, pihaknya membentuk Biro Parawisata untuk melakukan promosi parawisata ke mancanegara. Biro pariwasata dibentuk sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2000 penganti UU nomor 1 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan tercantum dalam huruf c. Dimana disebutkan, untuk mengoptimalkan pariwisata Batam perlu membentuk unit khusus yang menangani terkait pariwisata, yang memang Batam memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah pariwisata.(mbb)

?Namun dipihak lain, Pemko Batam mengakui pentingnya BP Batam, perlu terlibat membantu dunia parawisata. Namun lebih pada pembangunan destinasi parawisata. Namun Wali Wali Kota, Amsakar Achmad, meminta BP tidak membentuk Biro Parawisata.

?"Saya sampaikan, ini kalau tidak dicermnati baik, berpotensi menimbulkan kericuhan baru. Jadi minta, tidak membentuk Biro Parawisata," jelasnya.

Editor: Yudha